PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMUAIAN BAGI SISWA KELAS VII DI SMPN 1 PACE NGANJUK

  • winda nintyas yusuf

Abstract

Abstrak

Dengan adanya penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada materi Pemuaian . Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Nganjuk

Hasil analisis data dari kelas eksperimen dalam proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray diperoleh nilai rata-rata 91,10% untuk guru dan diperoleh nilai rata-rata 88,88% untuk siswa. Maka dari itu dapat termasuk dalam kriteria baik sekali. Untuk hasil analisis data tes dengan menggunakan uji t nilai pre-test diperoleh hasil FTabel> FHitung atau 1,671 > 0,295 dan untuk nilai post-test diperoleh FTabel> FHitung, atau 6,88 > 1,67 maka dari itu menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diberikan perlakuan.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada proses pembelajaran IPA Materi Pemuaian bagi siswa kelas VII di SMPN 1 Pace Nganjuk.

Kata kunci:Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar

Abstract

Given this study the authors aimed to determine whether the implementation of cooperative learning model Two Stay Two Stray (TSTS) can improve student learning outcomes in science at Swelling material. The research was conducted in SMP Negeri 1 Nganjuk

The results of the data analysis of the experimental class in the implementation of cooperative learning model two stay two stray obtained average value of 91.10% for teachers and obtained the average value of 88.88% for students. Thus it can be included in the criteria very well. For the results of the test data analysis using t-test value of the pre-test results obtained Ftable> Fhitung or 1.671> 0.295 and for post-test values ​​obtained Ftable> Fhitung, or 6.88> 1.67 and therefore show an increase in student learning outcomes significant after being given treatment.

The conclusion of this study indicate that the implementation of cooperative learning model two stay two stray can improve student learning outcomes significantly in comparison with the use of conventional learning in the process of science teaching materials for students of classes VII Expansion in SMPN 1 Pace Nganjuk.

Keywords: cooperative learning type Two Stay Two Stray (TSTS), Learning Outcomes

Published
2016-08-18
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 15