PENGEMBANGAN MEDIA KOMPUTER PEMBELAJARAN (CAI) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MENGANTI GRESIK

  • Anik Nurbayanti

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi (wawancara pada guru mata pelajaran IPA kelas VIII dan beberapa siswa) di SMP Negeri 2 Menganti Gresik ditemukan permasalahan terutama pada mata pelajaran IPA materi struktur jaringan tumbuhan, peneliti memperoleh fakta bahwa siswa mengalami kesulitan belajar dikarenakan mata pelajaran IPA memiliki materi yang bersifat abstrak dan dibutuhkan media, alat khusus atau video animasi tentang struktur jaringan tumbuhan.Dari fakta diatas dapat disimpulkan bahwa media komputer pembelajaran CAI berpotensi dikembangkan di SMP Negeri 2 Menganti Gresik untuk mengatasi masalah belajar siswa kelas VIII terutama pada mata pelajaran IPA Materi Struktur Jaringan Tumbuhan.

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media Komputer Pembelajaran yang efektif dan efisien serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A di SMPNegeri 2 Menganti Gresik. Dengan adanya media komputer pembelajaran Tutorial ini sesuatu yang komplek bisa menjadi lebih sederhana dan penggunaan media komputer pembelajaran Tutorial juga cukup efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model R&D dari Brog and Gall dalam Sugiyono. Dalam pengembangan ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Menganti Gresik dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Pengembangan ini menggunakan teknik analisi data berupa wawancara, dokumentasi, angket dan tes.

Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menguji kelayakan media adalah metode wawancara untuk ahli materi dan ahli media, kemudian angket untuk siswa. berdasarkan hasil wawancara dengan ahli materi dan ahli media memperoleh prosentase sangat baik namun masih terdapat beberapa perbaikan dibeberapa indikator untuk menyempurnakan produk media komputer pembelajaran. Hasil uji coba peoranagan terdiri dari 3 siswa, uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 7 orang siswa, dan uji cba kelompok besar yang terdiri dari 34 siswa menyatakan hampir seluruh indikator dinyatakan baik. Namun ada beberapa indikator yang memerlukan perbaikan demi menyempurnakan media komputer pembelajaran yang bagus dan layak. Berdasarkan perhitungan rumus uji-t, diperoleh data yang dapat disimpulkan dari tabel taraf signifikan 5 % dalam (Sugiyono, 2010) dimana db=34-1 =33, kemudian diperoleh t-tabel = 0,339. Jadi thitung lebih besar dari t tabel yaitu 15,22 > 0,339. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan data hasil belajar siswa dengan menggunakan media Komputer Pembelajaran (CAI) mata pelajaran IPA materi Struktur Jaringan Tumbuhan untuk siswa kelas VIII mengalami peningkatan sehingga media komputer pembelajaran (CAI) tersebut bisa dinyatakan efektif dan efisien dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Media Komputer Pembelajaran, IPA, Struktur Jaringan Tumbuhan, SMP Kelas VIII

Abstract

Based on the observation (interviewing science teacher of seventh grade and some students) at SMPN 2 Menganti Gresik found problems, especially in science lessons sub theme structure of plant tissues, students had difficult learning because science lesson had material that was abstract and took media, special tools or animated video about the plant tissue structure. From the above information it can concluded that the CAI instructional computer media could potentially be developed at SMP N 2 Menganti Gresik to overcome the student’s problem of seventh grade, especially in science lesson Content Network Structure Plant.

The purpose of this research was to result products such as computer media learning effective and efficient. Media computer learning with tutorial format that presents information in the form of the material to be learned. The development model was used a model of R & D of Brog and Gall in Sugiyono. In this development which is the subject of research was the students of seventh grade at SMP N 2 Menganti Gresik. The students of seventh grade amounted 34 students.This development used data analysis techniques such as interviews, documentation, questionnaire and test.

Data collection methods used to examine the feasibility of the media were interviews for subject matter experts and media expert, then a questionnaire to students. based on interviews with subject matter experts and media specialists earn an excellent percentage, but there were some improvements in several indicators to enhance the learning of computer media products. The trial results individual consisting of three students, piloting a small group of 8 students, and test large group consisting of 34 students stated otherwise good almost all indicators. However, there were some indicators that needed to improvement in order enhance the learning of computer media were nice and decent. Based on the calculation formula t-test, data that can be inferred from the table in a significant level of 5% (Sugiyono, 2010) where db = 34-1 = 33, then obtained t-table = 0,339. Sogreater than t table is 15,22> 0,339. So the researchers can deduce the data of student learning outcomes by using media Computer Learning (CAI) material science subjects Plant Network Structure for eighth grade students increased so that the Instructional Computer Media (CAI) can be declared effective and efficient in learning.

Keywords: Instructional Computer Media, Science, Network Structures Plant, JuniorHigh School

Published
2016-08-18
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 22