Pengembangan Media Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Keanekaragaman Mahluk Hidup Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Menganti Gresik

  • AIDA RIZQI FITRIA

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KEANEKARAGAMAN MAHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MENGANTI GRESIK

Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan dengan metode wawancara kepada guru mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 2 Menganti Gresik di temukan permasalahan pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi keanekaragaman mahluk hidup diman siswa memiliki nilai renda dari hasil belajar, kesalahan metode dalam pembelajaran, tidak adanya media yang membantu guru dalam proses pembelajaran. Pada mata pelajaran IPA ini memiliki karakteristik materi yang abstrak, luas serta memiliki penjelasan yang komplex maka dari itu peneliti membuat media CAI model tutorial untuk memudahkan siswa menerima informasi secara mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk meneliti yang disesuikan dengan keadaan yang sebenarnya, khususnya pada CAI mata pelajaran IPA materi keanekaragaman Mahluk hidup. Sesuai penjelasan dan gambaran kondisi real di atas maka dapat di simpulkan bahwa media komputer pembelajaran interktif ini (CAI) berpotensi dikembangkan di SMP Negeri 2 Menganti Gresik untuk mengatasi masalah belajar siswa kelas VII khususnya pada mata pelajaran IPA materi keanekaragaman Mahluk Hidup.

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran yang layak dan efektif. Model pengembangan yang dikembangakan yaitu model pengembangan R&D dari Borg and Gall dalam buku sugiyono. Subjek penelitian yang di gunakan berjumlah 34 siswa dari kelas VII A yang memiliki karakteristik kelas yang Heterogen. Teknik yang digunakan dalam pengembangan ini adalah teknik analisis data berupa wawancara, dokumentasi, angket dan tes.

Metode pengumpulan data yang digunkan untuk menguji keefektifitasan dan realibilitas dalam media ini yaitu menggunakan metode wawancara serta angket kepada ahli materi, ahli media,ahli pembelajaran serta siswa dari kelas VII A yang berjumlah 34 siswa menjawab “Ya” maka dinyatakan baik, namun masih ada beberapa indikator yang memerlukan perbaikan demi kesempurnaan media pembelajaran interaktif (CAI) ini sehingga media ini layak dan efisien dalam proses pembelajaran. Berdasarkan perhitungan rumusan uji-t, deperoleh data yang dapat disimpulkan dari tabel taraf signifikan 5 % dalam(Sugiyono, 2010) ) maka db= 34-1= 33, kemudian diperoleh t tabel = 0,339. Jadi thitung lebih besar dari t tabel yaitu 277> 0,339. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan data hasil belajar siswa dengan menggunakan media Komputer Pembelajaran (CAI) mata pelajaran IPA materi keanekaragaman Mahluk Hidup untuk siswa kelas VII mengalami peningkatan sehingga media komputer pembelajaran (CAI) tersebut bisa dinyatakan efektif dan efisien dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Media Komputer Pembelajaran, IPA, Keanekaragaman Mahluk Hidup, SMP Kelas VII

 

ABSTRACT

Developing of Media Computer Assisted Instruction (CAI) On Science lesson Sub theme Variety of Organism for Seventh Grade at SMP N 2

Menganti Gresik

The background of this research is based on the results of observations conducted by interview to science teacherof seventh grade in SMP N 2 Menganti Gresik wasfound problems learning in science lesson material variety of organism.thestudents have low grade of the result learning, the error methods in learning, didn’t have media that help teachers in the learning process. In science lesson had characteristics abstract, spacious material, and hadcomplex explanation. therefore researcher make CAI mediamodels tutorial to help students receive information more easily and don’t need long time to observethatexactlywith the real situation, specially on CAI science lesson sub themevariety of organism. From the explanation and description of the real conditions above .it can be concluded that this interactively learning computer media (CAI) had the potential to be developed in SMP Negeri 2 Menganti Gresik to overcome the problem of seventh grade, especially in science lesson sub themeVariety of Organism.
This development aims to resultanlearning media that feasible and effective. Model of development which is developed the model of R & D from Borg and Gall in Sugiono’s book. The subjects of research are used amounted to 34 students of seventh grade. which had Heterogeneouscharacteristics classes. The technique was used in this research was data analysis techniques such as interviews, documentation, questionnaire and test.
Data collection methods that used to examine the effectiveness and reliability of this mediaused interviews and questionnaires to subject matter experts, media experts, learning experts as well as students of Seventh Grade who amounted 34 students answered "Yes" then declared good, but there were still some indicators that needed to improvement for the perfection of interactive learning media (CAI) that the media was feasible and efficient in the learning process. Based on the calculation formula t-test, got data that can concluded from the table in significant level of 5% (Sugiyono, 2010)), the db = 34-1 = 33, then obtained t table = 0.339. So greater than t table is 277> 0,339. So the researchercan deduce the data of student learning outcomes by using media Computer Learning (CAI) science lessonsub theme variety of organism of seventh grade.The students have got increased so that the computer media instructional (CAI) can be declared effective and efficient in learning.

Top of Form

 

 

 

 

 

Keywords: Media Computer Education, Science, Variety of Organism, Junior High Schoolof Seventh Grade

 

Published
2016-08-18
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 85