PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADAMATA PELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI MATERI“PEMBUATAN KARAKTER ANIMASI 3 DIMENSI” UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJARSISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA SMK MAHARDIKA SURABAYA

  • Wisnu Budi Yanti

Abstract

Abstrak

Penelitian pada siswa kelas XI SMK Mahardika Surabaya dilatarbelakangi oleh adanya kurangnya pemahaman terhadap mata pelajaran Animasi 3 Dimensi materi pokok Pembuatan Karakter Animasi 3 Dimensi yang berakibat pada rendahnya nilai praktek siswa dari standar kelulusan yang ditetapkan sekolah yaitu 80. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan nilai siswa yang menyebutkan bahwa dari 28 siswa kelas Multimedia 2, hanya 4 orang yang memperoleh nilai di atas standar kelulusan siswa. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media Computer Assisted Instruction (CAI) mata pelajaran Animasi 3 Dimensi materi pokok Pembuatan Karakter Animasi 3 Dimensi untuk siswa kelas XI SMK Mahardika Surabaya yang layak dan efektif untuk solusi dari permasalahan belajar tersebut.

Model pengembangan yang digunakan adalah model DDDE (Decide, Design, Develop and Evaluate) oleh Iver dan Baron. Pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap yaitu review dengan ahli materi dan ahli media, uji coba evaluasi dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba pemakaian yaitu dengan kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan teknik perhitungan PSA (Presentase Setiap Aspek) untuk menghitung data hasil wawancara ahli media dan materi serta angket untuk siswa dan rumus uji t untuk menghitung data test.

Hasil perhitungan data validasi kedua ahli materi menunjukkan presentase sebesar 76,78% yang termasuk dalam kategori Baik., dan data hasil validasi kedua ahli media sebesar 88,19% yang termasuk dalam kategori baik sekali. Untuk data perolehan uji t nilai pretest dan postest yang dilakukan terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol, dari data pretest diketahui bahwa besar thitung = 0,19 < ttabel = 2,00488 yang dapat disimpulkan bahwa antara kelas eksperimen dan kontrol memiliki kemampuan awal yang tidak jauh berbeda. Sedangkan data nilai postest besar thitung = 5,21 > ttabel = 2,00488 yang dapat diartikan bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan sehingga dapat dikatakan bahwa media yang diujicobakan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pengembangan, CAI, Animasi 3 Dimensi, Pembuatan Karakter Animasi.

Abstract

Research on class XI student of SMK Mahardika Surabaya motivated by the lack of understanding of the subject matter subject Animation 3D Character Animation 3 Dimensional Creation which resulted in low grades of students practice standards set school graduation of 80. It can be seen from the results of the acquisition value student who says that of 28 graders Multimedia 2, only 4 people scoring above the passing standard student. Therefore, the development of media Computer Assisted Instruction (CAI) subjects 3D Animation subject matter Animation 3D Character Creation for class XI student of SMK Mahardika Surabaya appropriate and effective for the solution of problems of learning.

The model used is a model development DDDE (Decide, Design, Develop and Evaluate) by Iver and Baron. Implementation of the trials conducted several stages of review by subject matter experts and media specialists, pilot evaluation trials with individual, small group trial, ie user trials with a large group. Analysis using PSA calculation technique (Percentage Every Aspect) to compute the media expert interview data and content and questionnaire for students and t test formula for calculating the test data.

The result of the calculation of validation data both subject matter experts show a percentage of 76.78% is included in the category of Good, and data from a second validation media expert at 88.19% which is included in either category yet. For data acquisition t test the value pretest and post-test conducted on the experimental class and control class, from the data pretest known that big thitung = 0.19 < ttable = 2.00488 which it can be concluded that the experimental class and has the ability to control the start which is not far different. While data postest great value thitung = 5.21> ttable = 2.00488 which may mean that the experimental class and control class there is a significant difference and so can be said that the media which have been tested effectively improve student learning outcomes.

Keywords: Development, CAI, 3D Animation, Animation Character Creation.

Published
2016-08-18
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 16