PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI MATERI PEMBUATAN OBJEK PADA APLIKASI ANIMASI 2 DIMENSI UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK PGRI 2 SIDOARJO

  • ISWAHYUNI DEVITASARI

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan media CAI materi Pembuatan Objek Pada Aplikasi Animasi 2 Dimensi pada mata pelajaran Teknik Animassi 2 Dimensi yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) Borg and Gall yang diacu oleh Sugiyono. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan tes.

Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media CAI tutorial pada ahli materi I dan II didapatkan katagori sangat baik. Ahli media I dan II didapatkan hasil yang sangat baik. Uji coba perorangan 86,67% termasuk dalam katagori sangat baik, uji coba kelompok kecil 95,83% termasuk dalam katagori sangat baik, sedangkan uji coba lapangan 81,58% termasuk dalam katagori sangat baik. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media CAI, pengembang menggunakan uji t dengan taraf signifkan 5% d.f.= 30-1 = 29, maka di peroleh t tabel = 1,699 sedangkan t hitung 5,322. Sehingga t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,322>1,699. Dengan demikian perbedaan pretest dan posttest terserbut dinyatakan mengalami perbedaan yang signifikan dengan didasarkan pada t tabel. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI Multimedia I di SMK PGRI 2 Sidoarjo mengalami peningkatan setelah diterapkannya media CAI materi Teknik Pembuatan Objek Pada Adobe Flash pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi dan media CAI terserbut dinyatakan efektif dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan, Media, CAI, Teknik Animasi 2 Dimensi

Abstract

This developmental research aims to produce media of CAI on the material of Creating Objects in 2D Animation Apps in 2D Animation Techniques subject, with the expectation to improve students’ learning outcomes. The development model used in this study was Research and Development (R&D) model by Borg and Gall referenced by Sugiyono. In collecting the data, the researcher used interview, questionnaires, and tests.

Based on the data analysis, the due diligence of CAI in tutorial of the material experts I and II shows excellent results. Furthermore, excellent results are also obtained from media experts I and II. In the individual test, 86.67% belongs to the excellent category. In the small group test, 95.83% is included in the excellent category, while in the field test, 81.58% belongs to the excellent category. Moreover, in detecting the effectiveness of CAI, the developer used t-test with the significance level of 5% and the df=30-1=29, so the t-table obtained was 1.699, while the t-count was 5.322. Therefore, the t-count is greater than the t-table, i.e. 5.322>1.699. Accordingly, there is significant difference between pretest and posttest based on the t-table. It can be concluded that the learning outcomes of the students in class XI Multimedia I in SMK PGRI 2 Sidoarjo increase after the implementation of CAI on the material of Object Creation Techniques on Adobe Flash in 2D Animation Techniques subject. From the results obtained, CAI can be considered effective to be used in the learning system.

Keywords: CAI, Development, Media, 2D Animation Techniques.

Published
2016-08-18
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 57