PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN MATERI POKOK SISTEM PERADILAN INDONESIA DI KELAS X SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO

  • Siti Aminatu Zahriyah

Abstract

Abstrak

Penyampaian materi pelajaran PPKn pada kelas X di SMK Negeri 2 Kota Mojokerto masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yakni metode ceramah dengan menggunakan buku teks dan LKS. Metode konvensional tersebut tidak memberikan peningkatan hasil belajar maupun pemahaman siswa. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan suatu perubahan metode pembelajaran yang dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa. Metode role playing dengan menggunakan media video diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode pembelajaran rile playing dengan menggunakan media video serta untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian True Eksperimen jenis Control Group Pretest Posttest dengan subjek penelitian kelas eksperimen (X DKV1) dan kelas control (X RPL1). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. Pada kelas eksperimen diterapkan metode pembelajaran role playing dengan menggunakan media video. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah dengan menggunakan buku teks dan LKS. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel bebas yakni penerapan metode pembelajaran role playing dengan menggunakan media video dan variabel terikat yaitu hasil belajar mata pelajaran PPKn materi pokok sistem peradilan Indonesia siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Mojokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi sistematis dan tes. Data yang diperoleh dari tes yaitu nilai pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui normalitas dan homogenitas sampel. Apabila data yang dianalisis normal maka menggunakan uji t dan apabila sebaliknya maka menggunakan uji Chi Kuadrat Dua Subjek. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan.

Hasil analisis data yang diketahui dari hasil observasi di kelas eksperimen dalam proses penerapan metode pembelajaran role playing dengan menggunakan media video diperoleh nilai rata-rata 94,7% untuk guru dan diperoleh nilai rata-rata 94,7% untuk siswa. Dapat disimpulkan bahwa proses penerapan metode pembelajaran role playing dengan menggunakan media video termasuk dalam kriteria baik sekali. Untuk hasil analisis data tes dengan menggunakan uji Chi Kuadrat Dua Subjek diperoleh hasil X2hitung 16,67 > X2tabel 3,841. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diberikan perlakuan.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan dengan menerapkan metode pembelajaran role playing dengan menggunakan media video terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah dengan menggunakan buku teks dan LKS pada proses pembelajaran PPKn materi pokok system peradilan Indonesia siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Mojokerto.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Role Playing, Media Video, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Abstract

Subject matter submission of the Civic and Pancasila Education on X grade SMKN 2 Mojokerto City still using conventional learning method that is lecture method using text book and LKS. The conventional learning method didn’t leave enhancement of student learning outcomes and student understanding. To overcome that problem it takes a change of learning method that can be helpful for enhancement of learning outcomes and student understanding. With role playing method using video media expected can helpful for enhancement of learning outcomes and student understanding.

This research using True Experiment type Control Group Pre-test Post-testdesign with the research subject is experiment class (X DKV1) and control class (X RPL1). This research was conducted in SMKN 2 Mojokerto City. The experiment class applied role playing learning method using video media. While the control class still using lecture method with text book and LKS. Variables used in this research is the independent variable which is the application of the role playing learning method using video media and the dependent variable is the student learning outcomes on civic and Pancasila education with the subject matter Indonesian judicial system in X grade of SMKN 2 Mojokerto City. Data collection methods using systematic observation techniques and tests. The data obtained from the tests isvalue pretest and posttest are used to determine the normality and homogeneity of the sample. If the data were analyzed using the t test are normal, and if otherwise then using Chi Square Two subject. It is doneto know difference in the experimental class after being treated.

The results of the analysis of known data from the observation in the experimental class in process of implementing the role playing learning method using video media obtained the average value of 94.7% for teachers and obtained the average value of 94.7% for students. It could be concluded that the process of implementing role playing learning method using video media included in the criteria very well. For the results of the test data analysis using Chi Square Two Subject obtained X2hitung 16,67 > X2tabel 3,841. These results showed an increase in student learning outcomes significantly after being given treatment.

The conclusion of this researchshowed that the treatment by applying role playing learning method using video there are improving student learning outcomes significantly than using lecture method with textbooks and worksheets in the learning process of Civic and Pancasila Education with the Indonesian judicial system subject matter in X grade of SMKN 2 Mojokerto City.

 

Keywords: Role Playing Learning Method, Video Media, Learning Outcome, Civic and Pancasila Education.

Published
2016-08-18
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 15