PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADAMATA KULIAH SISTEM PERTAHANAN NEGARA UNTUK MAHASISWA S1 DISEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ANGKATAN LAUT SURABAYA

  • NINIE SEPTI PRATIWI

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di kelas dan wawancara dengan dosen mata kuliah Sistem Pertahanana Negara di STTAL Surabaya ditemukan masalah belajar yaitu kurang efektif karena dosen hanya menggunakan PPT saja dalam proses pembelajaran, belum trdapat buku pegangan yang dijadikan acuan. Hal ini mengakibatkan banyak mahasiswa yang merasa kesulitan pada saat mengerjakan tugas yang diberikan sehingga nilai hasil belajar siswa 50% mendapat nilai dibawah rata-rata.Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan bahan ajar sistem pertahanan negara yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, And Evaluation) oleh Mollenda. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan bahan ajar pada ahli materi I dan II didapatkan katagori sangat baik. Ahli media I dan II didapatkan hasil yang sangat baik. Uji coba perorangan 85% termasuk dalam katagori sangat baik, uji coba kelompok kecil 85% termasuk dalam katagori sangat baik, sedangkan uji coba lapangan 87% termasuk dalam katagori sangat baik. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan buku ajar, pengembang menggunakan 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil data perolehan uji t nilai dari pretest kedua kelas memperoleh t hitung = 1,28< t tabel = 2,064 Sedangkan hasil uji t nilai dari posttest kedua kelas memperoleh t hitung 11,28< t tabel = 2,064 Dengan demikian perbedaan pretest dan posttest terserbut dinyatakan mengalami perbedaan yang signifikan dengan didasarkan pada t tabel. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa S1 STTAL Surabaya mengalami peningkatan setelah diterapkannya Bahan Ajar mata kuliah Sistem Pertahanan Negara dan Buku Ajar terserbut dinyatakan efektif dalam pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan, Bahan ajar, Sistem Pertahanan Negara

Abstract

Based on observations in the classroom and interviews with the lecturer the national defense system State in Surabaya STTAL found learning problems are less effective for lecturers only use PPT alone in the learning process, there not handbook as a reference. This resulted in many students who find it difficult at the moment about the task so that the value of student learning outcomes 50% scored below average. Purpose of this development research is to produce teaching materials national defense system is expected to improve student results. The development model used is a model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) by Mollenda. Data collection methods used are questionnaires and tests. Based on the analysis, the results of due diligence on the matter experts teaching materials I and II obtained very good category. Media expert I and II obtained excellent results. Individual testing 85% included in the category of a very good, small group trial 85% included in the category of very good, while 87% field trials included in the category very well. As for knowing the effectiveness of textbooks, the developer uses two classes, namely the control class and experimental class. Results of t test result data values ​​from the second pretest grade received t = 1.28 <t table = 2.064 While the t-test, the value of the second posttest grade received 11.28 t <t table = 2.064 Thus differences in pretest and posttest mentioned declared experiencing a significant difference to be based on t table. It can be concluded that the results of student learning S1 STTAL Surabaya increased after the implementation of the courses Subjects National Defense System and Textbook mentioned declared effective learning.

Keywords: Development, teaching materials, the national defense system

Published
2016-08-23
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 18