PENGEMBANGAN MEDIA "BANK-MAMED" BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN - UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • ROMA TEGUH SATRIAWAN

Abstract

Persaingan ketat terjadi pada setiap lembaga pendidikan guna meningkatkan standar dan kualitas untuk menjadi lembaga yang unggul dibidangnya. Cara yang sedang populer dan ramai digunakan di era masa kini untuk meningkatkan standar dan kualitas pendidikan yakni mengembangkan sumber belajar berbasis komputer. Berdasarkan studi awal di prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, peneliti menemukan masih banyak mahasiswa tidak mendapatkan hasil memuaskan dalam mencari dan memperoleh materi ataupun referensi yang dibutuhkan. Meski di lingkungan belajar mahasiswa prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya sudah dilengkapi dengan adanya jaringan internet. Hal ini disebabkan kurang optimalnya pengelolaan sumber belajar yang tersedia. Selama ini mahasiswa dalam memperoleh materi hanya mengandalkan penjelasan dosen ketika jam mata kuliah berlangsung. Selain itu masalah kerap sekali terjadi perubahan jam perkuliahan yang tidak menentu bahkan sampai mengakibatkan kekosongan pada jam perkuliahan. Hal tersebut mengakibatkan mahasiswa tidak memperoleh materi yang harusnya diterima dari dosen pada saat kuliah berlangsung.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan sumber belajar yang ada dengan mengembangkan media “Bank-Mamed” berbasis komputer sebagai sumber belajar yang layak digunakan bagi mahasiswa prodi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan – Unesa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall, instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara serta jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil validasi media “Bank-Mamed” pada ahli media I dan ahli media II mendapatkan persentase 72,73% (baik). Sedangkan dari hasil uji lapangan utama mendapatkan persentase 85% (sangat Baik) dan pada uji coba operasional mendapatkan persentase 91% (sangat baik). Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli media dan hasil uji coba oleh mahasiswa maka dapat disimpulkan bahwa media “Bank-Mamed” yang dikembangkan sebagai sumber belajar sudah layak digunakan bagi mahasiswa prodi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan-Unesa.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Berbasis Komputer, Sumber Belajar, Teknologi Pendidikan

Competition happened on each institutions in order to raise the standards and quality for review as excellent institute. The is popular used in this era to improve the quality of education is developing a computer-based learning resources. Based on preliminary studies in Educational Technology Department of Surabaya State University, the researchers found many students do not get satisfactory results in their search for obtain required references. Although Educational Technology Department of Surabaya State University is equipped with the Internet network. This is due to management of learning resources available less optimal. During this time students in obtaining materials rely only lecturers explanation at class. Lecturers often changes class hours and even cancel the class. It makes in students not to obtain any materials that should be received from the lecturer during the class.

This research aims to optimize the existing learning resources by developing media " Bank - Mamed " a computer-based learning resources are worth used for college students of Educational Technology Department Surabaya State University. The method used is Research and Development ( R & D ) by Borg and Gall, data collection instrument used was a questionnaire and interviews as well as the types of data were obtained on qualitative and quantitative data.

The validation results of media " Bank - Mamed " by media expert I and II is 72.73 % ( excellent ) . While the results of the field test is 85 % ( very Good ) and in operational trials is 91 % (excellent ) . Based on the results of the validation by experts and the media trial results by the students , it can be inferred that the media " Bank - Mamed" that developed as a learning resource is already worthy to use for college students of Educational Technology Department Surabaya State University.

Keywords: Development, Computer Based Media, Bank Mamed, Learning Resource, Educational Technology

Published
2016-08-24
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 13