PEMANFAATAN MEDIA CAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI KELAS VIII SMP/MTS

  • MEGA SINTIA ANGGRAENI

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTs Darul Ulum peneliti menemukan permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah, serta guru menggunakan gambar untuk menjelaskan alur peredaran darah pada manusia yang membuat siswa hanya membayangkan. Hal yang sama juga peneliti temukan di MTs Nurus Syafi’i, MTs Hasanuddin. Berdasarkan permasalahan tersebut maka di perlukan Pemanfaatan media Cai tentang sistem peredaran darah pada Manusia di kelas VIII SMP/MTs.

Pemanfaatan bertujuan untuk membantu siswa mempelajari materi sistem peredaran darah dan membantu guru untuk memberikan variasi mengajar guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Metode pengumpulan data pada pemanfaatan ini menggunkan observasi dan tes. Metode observasi dilakukan pada guru dalam memanfaatkan media CAI. Pada MTs Hasanuddin dengan N=44-1 = 43 taraf signifikan 5% maka diperoleh rtabel 0,293, karena rhitung lebih besar dari rtabel (0,81>0,29). Pada MTs Darul ulum dengan N=36-1 = 35 taraf signifikan 5% maka diperoleh rtabel 0,334, karena rhitung lebih besar dari rtabel (0,761>0,334). Pada MTs Nurus syafi’i telah diketahui hasilnya dengan N=31-1 = 30 taraf signifikan 5% maka diperoleh rtabel 0,361, karena rhitung lebih besar dari rtabel (0,85>0,361), maka data yang dianalisis menunjukkan adanya persamaan atau kesepakatan antara observer I dengan observer II.

Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan perhitungan uji t di MTs Hasanuddin pada kelas VIII G dengan taraf signifikan 5% N= 36 – 1 = 35 sehingga diperoleh ttabel = 2,03 dan thitung 3,75. Dari data tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,75> 2,03). Pada Kelas VIII I taraf signifikan 5%, N = 36-1 = 35 sehingga diperoleh ttabel =2,03 dan thitung =2,51. Dari data tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar ttabel (2,51> 2,03).

Melalui hasil perhitungan uji t di MTs Nurus Syafii Kelas VIII A (kelompok eksperimen) dengan taraf signifikan 5% N= 31-1 = 30 sehingga diperoleh ttabel = 2,04 dan thitung 2,84. Dari data tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,84> 2,04). Pada kelas VIII B (kelompok kontrol) dengan taraf signifikan 5%, N = 30-1 = 29 sehingga diperoleh ttabel =2,04 dan thitung =2,6. Dari data tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar ttabel (2,6> 2,04).

Melalui hasil perhitungan uji t di MTs Hasanuddin Kelas VIII A (kelompok eksperimen) taraf signifikan 5% N= 43-1 = 42 sehingga diperoleh ttabel = 2,01 dan thitung 2,73. Dari data tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,73> 2,01). Kelas VIII B (kelompok kontrol) taraf signifikan 5%, N = 43-1 = 42 sehingga diperoleh ttabel =2,01 dan thitung =2,31. Dari data tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar ttabel (2,31> 2,01). Karena rhitung lebih besar dari rtabel maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa.

Dapat disimpulkan bahwa guru sudah cukup baik dalam memanfaatkan media Cai di kelas dan berdasarkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan memanfaatkan media CAI yang berjudul sistem peredaran darah pada manusia di kelas VIII SMP/ MTs dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Pemanfaatan, Media, CAI , Sistem peredaran darah pada manusia.

Abstract

Based on observations in MTs Darul Ulum researchers found that is the problem study results students to the matter circulatory system, and teachers using picture to explain the blood circulation in humans make students only imagine. The same researchers found in MTs Nurus Syafi’i , Mts Hasanuddin. Based on these problems but need to use the media CAI about circulatory system in humans in class eight grade junior hugh school / mts .

The use of aims to help students studies matter the circulatory system and help the teacher to give variety teaching to improve learning outcomes students

Data collection method on utilization this both observation and tests .The observation performed on teachers in the media CAI use. On MTs Hasanuddin with N = 44-1 = 43 standard significant 5 % and obtained rtabel 0,293, because rhitung larger than rtabel ( 0,81 > 0,29 ). On MTs Darul Ulum with N = 36-1 = 35 standard significant 5 % and obtained rtabel 0,334 , because rhitung larger than rtabel ( 0,761 > 0,334 ).

A method of test used to known the result student learning. Based on the calculation of test t on MTs Hasanuddin on class VIII-G a significant level of 5% N = 36-1 = 35 to obtain ttabel = 2,03 and thitung 3.75.From the data is known that thitung larger than ttabel ( 3,75 2,03 ). On class VIII-I significant level of 5 percent , n = 36-1 = 35 so obtained ttabel = 2,03 and thitung = 2,51. From the data is known that thitung larger ttabel ( 2,51 > 2,03 ).

Through the calculation on test t on MTs Nurus Syafi’i class VIII a ( group experiment ) with standard significant 5 % N = 31-1 = 30 and obtained ttabel = 2,04 and thitung 2,84. From the data is known that thitung larger than ttabel ( 2,84 > 2,04 ). On class VIII-B ( the control group ) with standard significant % 5, n = 30-1 = 29 and obtained ttabel = 2,04 and thitung = 2,6. From the data is known that thitung larger ttabel ( 2,6 > 2,04 ).

Through the calculation on t-test on MTs Hasanudin class VIII-A ( group experiment) with standard significant 5 % N= 43-1 = 42 and obtained ttabel = 2.01 and thitung 2,73. From the data is known that thitung larger than ttabel ( 2,73 > 2,01 ) . Class VIII B ( the control group ) standard significant 5% , N = 43-1 = 42 and obtained ttabel = 2,01 and thitung = 2,31.From the data is known that thitung larger than ttabel ( 2,31> 2,01 ). Because thitung larger than rtabel it can be concluded increased study results students .

Can be concluded that teachers have would be good enough in use media cai in classes and based on the results of student learning increased by using media CAI titled the circulatory system on human beings in class VIII junior high school / MTs can improve learning outcomes students

Keywords: Utilization, Media, CAI, Blood circulation in humans.

Published
2016-08-24
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 14