PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION(CAI)TOEFLEXERCISE BAGIAN LISTENING UNTUK PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

  • TUTUT SETIAWAN

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk membantu memberikan solusi permasalahan belajar yang dialami mahasiswa Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam mengerjakan dan melatih TOEFL terutama bagian listening.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Computer Assisted Instruction pada latihan TOEFL yang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan listening mahasiswa pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Model pengembangan media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Model Pengembangan Research & Development dari Borg dan Gall mulai dari tahap penelitian, pengumpulan data dan tahap implementasi.

Berdasarkan data persentase yang diperoleh dari wawancara kepada ahli materi 1 dan 2, ahli media 1 dan 2, serta ahli pembelajaran menunjukan hasil yang baik dan sangat baik sesuai dengan skala penilaian yang telah ditetapkan. Uji coba perorangan (66,6 %) termasuk ke dalam kategori baik. Uji coba kelompok kecil (76%) termasuk ke dalam kategori baik, uji coba kelompok besar (87,2%) termasuk ke dalam kategori baik sekali. Berdasarkanhasilanalisis data tersebutdapatdisimpulkanbahwa media Computer Assisted Instruction inilayakdigunakandalamkegiatan latihan TOEFL pada bagian listeningdi program pascasarjana Universitas PGRI AdiBuana Surabaya.

Hasil penilaian efektifitas penggunaan media Computer Assisted InstructionTOEFL bagian listening di Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabayaberdasarkananalisis datadiperoleh menunjukan taraf Sig = 0,010 < 0,05 (taraf signifikansi) maka dapat dikatakan bahwa tolak H0 yang berarti ada perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok control, dimana perbedaannilai pre-testdanpost-testyang membuktikanjika mereka telah belajar terkait materi listening, karena terjadi perubahan perilaku yang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar melalui tes yang dilakukan pada mahasiswa Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Computer Assisted Instruction, menyimak.

ABSTRACT

 

This research is an answer of learning problems of TOEFL exercise in listening program for magister program students in PGRI Adi Buana University of Surabaya to exercise and train them in listening abilty of TOEFL.

The goal of this research is outcoming Computer Assisted Instruction media for TOEFL exercise program which can use effectively to overcome the learning problem and increase the listening ability of magister program students in PGRI Adi Buana University of Surabaya

The media development model in this research is adopted from research and development (R&D) model from Borg and Gall in the early steps until the end, starts from research step, collecting data and implementation step.

Based on the data during the research from 1st and 2nd lesson expert, 1st and 2nd media expert, and learning expert shown good and exellent result have shown in good category according scoring scale which have made. Individual test amount 66,6%. Small grup test amount 76% have shown in good category, Big grup test amount 87,2% have shown in exellent catogory too. So the result of analyzing data can use to making conclusion about Computer Assisted Instruction media is having feasibility to use in TOEFL exercise program for train listening ability of magister program students in PGRI Adi Buana University of Surabaya

The effectiveness result of using Computer Assisted Instruction media of TOEFL in listenin part at Magister Program of PGRI Adi Buana University, based on analyzing the data shown that Sig = 0,010 < 0,05 (significant scale) is deny of H0, so we can conclude that there is have differences between pre-test score and post-test score that was proven that Computer Assisted Instruction media which has well-developed then can increase the students ability in listening and working properly during listening trainning of TOEFL exercise in PGRI Adi Buana University of Surabaya.

 

Keywords: Development, Computer Assisted Instruction, listening.

Published
2016-08-30
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 46