PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN POKOK MATERI TUMBUKAN DAN KEKEKALAN MOMENTUM MATA PELAJARAN FISIKA KOMPETENSI DASAR JENIS TUMBUKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER 2 DI SMK PENERBANGAN DHARMA WIRAWAN PEPABRI SIDOARJO

  • Mochammmad Wisnu Pradana Sugiarto

Abstract

Mata pelajaran Fisika merupakan mata pelajaran yang dimana menggunakan ilmu dengan pasti. Fisika pula merupakan proses yang dimana kita alami dalam kehidupan kita sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMK Penerbangan Sidoarjo, Dalam proses belajar mengajar penyampaian materi tumbukan dan hukum kekekalan momentum hanya menggunakan sebuah power point dan selain itu dalam pembelajaran pula tidak ada media lain selain menggunakan power point. Dalam hal ini pengembang membuat media video pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media video pembelajaran dan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya media video pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMK Penerbangan Sidoarjo.

Dalam pengembangan media video pembelajaran ini digunakan model pengembangan Research & Development (R&D) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain poduk, validasi desain, uji coba pemakaian, revisi produk, uji coba produk, revisi desain, revisi produk dan produksi masal.

Dari hasil yang diperoleh dengan uji T menunjukkan nilai 2,59 > 1,66 yang berarti menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dari yang menggunkan media video tersebut dalam proses belajar mengajar.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Pembelajaran, Tumbukan dan Kekekalan Momentum

Abstract

Physics subjects are subjects where the use of science for sure. Physics is also a process in which we experience in our daily lives. Based on observations and interviews in vocational Flights Sidoarjo, In the process of teaching and learning and the delivery of material collision the law of conservation of momentum just using a power point and in addition to learning nor any other media in addition to using power point. In this case the developers create media instructional video is intended to determine the feasibility of video media learning and to find out how this instructional video media influence in improving the results of class X student at SMK Flights Sidoarjo.

In the development of media instructional videos used model of development Research & Development (R & D), which consists of several stages, namely, the potential and problems, data collection, design product, design validation, utility testing, product revision, product testing, design revisions, revisions product and mass production.

From the results obtained with T test showed a value of 2,59 > 1,66 which means showing no significant difference from that use the video media in teaching and learning.

Keywords: Development, Media Video Lessons, Collision and Conservation of Momentum

Published
2016-11-17
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 168