EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI MI PLUS RIYADLATUL ATHFAL HULAAN MENGANTI GRESIK

  • GILANG ILHAM FITRIYANTO

Abstract

Abstrak

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. MI Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti Gresik sebagai lembaga pendidikan sudah menerapkan kurikulum KTSP sejak tahun 2007. Pelaksanaan sebuah kurikulum perlu dimonitoring dan dievaluasi. Evaluasi ini penting dilaksanakan bertujuan untuk mendapatkan informasi apakan sebuah kurikulum sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum KTSP dan mendeskripsikan secara faktual tentang perencanaan, pelaksanaan Kurikulum Tingtkat Satuan Pendidikan pada MI Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model Countenance Stake yaitu penelitian yang menekankan pada dua hal pokok deskripsi dan pertimbangan (judgment). Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi dengan teknik triangulasi untuk keabsahan dan validnya data.

Berdasarkan hasil pembobotan mengenai prinsip pengembangan KTSP mendapatkan nilai 4.062, komponen dokumen KTSP dengan nilai 4.117, pengembangan silabus dengan nilai 4.642, pengembangan silabus dengan nilai 4.642, prinsip pengembangan RPP dengan nilai 4.642, penyusunan RPP dengan nilai 4.645, komponen RPP dengan nilai 5.0.

Hasil penelitian menunjukkan perencanaan dan pelaksanaan kurikulum KTSP di MI Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti Gresik dikatakan baik karena sudah sesuai dengan prinsip pengembangan dan pelaksanaan kurikulum KTSP. Namun, untuk meningkatkan kualitas dan tujuan satuan pendidikan perlunya evaluasi dan monitoring pelaksanaan kurikulum setiap tahun.

Kata Kunci : Evaluasi, Kurikukulum KTSP, Countenance Stake

Abstract

Education Unit Level Curriculum (KTSP) is a operational education curriculum which arranged by and held in each education unit. MI Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti Gresik as a educational institution has been applying KTSP curriculum since 2007. The implementation of a curriculum needs to be monitored and evaluated. This evaluation is important to be implemented aims to get information whether a curriculum has been implemented properly.

This research generally aims to know the implementation of KTSP curriculum and describe it factually about plans of Educatiom Unit Level Curriculum in MI Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti Gresik. This research is a evaluation research which uses Countenance Stake model that is a research which emphasis on two description main points and a judgement. The data collected by interview technique, documentation, and observation with triangulation technique to the validity of the data.

Based on the results of the weighting of the principles of curriculum development to get the value of 4.062, document components with a value of 4.117, with a value of 4.642 syllabus development, the development of the syllabus with the value of 4.642, the principle of development with a value of 4.642 RPP, RPP preparation with a value of 4.645, RPP component with a value of 5.0.

Result of the research shows a plan and a implementation of KTSP curriculum in MI Plus Riyadlatul Athfal Hulaan Menganti Gresik is good because it has been appropriated with the principle of development and implementation of KTSP curriculum. However, to improve the quality and purpose of education unit needs evaluation and monitoring the curriculum implementation annually.

Keywords : Evaluation, KTSP Curriculum, Countenance Stake

Published
2016-11-17
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 14