PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI POKOK ANEKDOT KELAS X DI MAN KEBONSARI MOJOAGUNG JOMBANG

  • IIN MULIATIN

Abstract

Abstrak

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pokok anekdot pada siswa kelas X MAN KEBONSARI Mojoagung Jombang. Modul ini disajikan dalam bentuk modul cetak sehingga memungkinkan untuk dijadikan bahan belajar mandiri oleh peserta didik.

Model pengembangan yang dipakai oleh pengembang adalah model pengembangan ADDIE (Analyze,Design, Develop, Implement, Evaluate) dari Maribe. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu kualitatif dan kuantitatif, yang didapat berdasarkan kuesioner responden ahli media dan ahli materi, kuesioner responden siswa, dan tes pada uji coba produk.

Dari hasil reviewer materi, ahli materi 1 dan 2 memperoleh hasil prosentase 92% dengan kategori baik sekali dan 74% dengan kategori baik. Dan hasil reviewer media, ahli media 1 dan 2 memperoleh hasil prosentase 97% dan 75% dengan kategori baik sekali, sedangkan data yang didapat pada uji coba perseorangan dengan hasil prosentase 91, 65%, kelompok kecil dengan jumlah 9 siswa dan hasil prosentase 91,1%, pada uji coba kelompok besar dengan jumlah 33 siswa dengan prosentase 94,1%. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keefektifan modul teks anekdot, pengembang menggunakan perbandingan uji t pretest dan posttest. Dari analisis data modul mata pelajaran bahasa Indonesia materi pokok anekdot pada siswa kelas X IIS MAN KEBONSARI Mojoagung Jombang dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan, hal ini diperoleh dari data yang telah diperoleh bahwa hasil post test nilai yang memenuhi di atas KKM adalah 100%. Dari hasil perhitungan nilai pretest dan posttest diatas dapat diperoleh dengan nilai t untuk dk= N-1 = 33-1 =32 diketahui ttabel adalah 0,482 kemudian diketahui thitung adalah 0,5145 dari hasil tersebut diketahui bahwa thitung lebih besar dari pada t tabel (0,5145>0,482). Dapat disimpulkan bahwa modul teks anekdot pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi pokok teks anekdot efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 3 MAN KEBONSARI Mojoagung Jombang.

Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X IIS 3 mengalami peningkatan setelah menggunakan modul teks anekdot pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi ankedot. Dan modul teks anekdot mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 3 MAN KEBONSARI Mojoagung Jombang.

Kata Kunci : Pengembangan, modul, anekdot, meningkatkan, hasil belajar

Abstract

This development is aimed to produce material teaching module in order to improve the study result of Indonesian Language anecdotal subject material on students at Kebonsari Islamic High School, Mojoagung Jombang. This material teaching module is presented in the form of print module so it is possible to be autodidact material by the students.

The developmental model which is used by the developer is ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) developmental model from Maribe. The types of data which are used in this development are qualitative and quantitative, which are obtained based on the questioner respondent of media expert and material expert, questioner respondent of students, and test on product.

From the result of material reviewer, material expert one and two get percentage’s result 92% with very good category and 74% with good category. From the result of media reviewer, media expert one and two get percentage’s result 97% and 75% with very good category, meanwhile the data which is obtained from individual test get percentage’s result 91.65%, small group which consists of 9 students get percentage’s result 91.1%, and large group which consists of 33 students get percentage’s result 94.1%. To recognize the increasing of study result and the effectiveness of anecdotal module test, the developer uses compare test t pretest and posttest. From the data analyzing of Indonesian Language module, anecdotal subject material on students at Kebonsari Islamic High School increases the study result significantly. It is obtained from the data that posttest’s result score upon KKM is 100%. From the calculation result of post test and pretest score can be obtained with t for dk= N-1 = 33-1 =32, it is known that ttable is 0.482 and tcalculation is 0.5145. From that result, it shows that tcalculation it bigger than ttable (0.5145>0.482). It can be concluded that anecdotal text module on Indonesian Language subject of anecdotal text subject material is effective because it improves the study result of IIS 3 class X students at Kebonsari Islamic High School, Mojoagung Jombang.

It can be concluded that the study result of IIS 3 X class students increase after using anecdotal text module in Indonesian Language subject anecdotal material. Anecdotal text module of Indonesian Language subject is able to improve the study result of IIS 3 X class students at Kebonsari Islamic High School, Mojoagung Jombang.

Published
2016-11-17
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 22