PENGEMBANGAN CAI ( COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONS) MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMPN 28 SURABAYA

  • Yohanes Baptista Hendrik T. Wea

Abstract

ABSTRAK

Pengembangan CAI ( Computer Assisted Instructions) Materi Cahaya dan Alat Optik Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 28 Surabaya

Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan atau materi yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan yang akan disampaikan kepada anak didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. Media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu. Sama halnya pada Mata pelajaran IPA di kelas VIII SMPN 28 Surabaya khususnya pada materi cahaya dan optik belum maksimal, selain belum maksimalnya hasil belajar siswa juga banyak yang tidak memenuhi standar KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu sekitar 22 siswadari total 35 siswa. Hal ini dikarenakan dalam menjelaskan materi tersebut guru hanya menggunakan media poster sebagai media untuk menyampaikan materi alat optik. Sedangkan siswa membutuhkan media yang bisa menampilkan prinsip kerja alat optik secara nyata.

Terdapat dua rumusan masalah dari penelitian ini yaitu, dipelukan uji kelayakan, dan diperlukan uji efektifitas CAI media pada materi pokok cahaya dan alat optik bagi siswa kelas VIII SMPN 28 Surabaya. Selain rumusan masalah terdapat pula tujuan penelitian yaitu menghasilkan produk CAI, megetahui kelayakan CAI media dan juga mengetahui kelayakan CAI media. Spesifikasi produk yang dikembangkan adalah CAI media yang dikemas dalam bentuk CD( compact disk ) dan disertai juga buku panduan dan RPP yang digunakan dalam penerapan media.

Berdasarkan hasil validasi desain dari ahli media dikatakan baik melalui hasil perhitungan untuk setiap aspeknya yaitu hasil PSA(Perhitungan setiap aspek) dari aspek daya tarik adalah 81,5 (Sangat baik dan tidak perlu direvisi) dan aspek ketepatan desain adalah 70(baik dan perlu direvisi). Hasil validasi dari kedua ahli materi dikatakan sangat baik melalui perhitungan setiap aspeknya yaitu PSA pengertian yang menyeluruh 87,5 ( sangat baik dan tidak perlu direvisi), PSA isi pesan 80(sangat baik dan perlu direvisi), PSA keakuratan isi 80. Data hasil uji coba perorangan yang terdiri dari 3 orang dilihat dari aspek daya tarik 87,48 (Sangat baik dan tidak perlu direvisi), aspek comprhention 96,5 (Sangat baik dan tidak perlu direvisi), aspek standart technis 93,2 (Sangat baik dan tidak perlu direvisi). Hasil uji coba kelompok kecil terdiri dari 10 orang siswa mengahasilkan aspek daya tarik 92,57 (sangat baik dan tidak perlu direvisi), comperhention 93 (sangat baik dan tidak perlu direvisi), standart technis 90,6(sangat baik dan tidak perlu direvisi). Hasil uji coba kelompok besar yang terdiri dari 20 siswa adalah aspek daya tarik 95,57 (sangat baik dan tidak perlu direvisi), comperhention 95 (sangat baik dan tidak perlu direvisi), standart technis 96 (sangat baik dan tidak perlu direvisi).

Berdasarkan perolehan nilai siswa dari penggunaan CAI media dengan taraf signifikasi 5% nilai db= 35-1= 34, maka diperoleh diperoleh t tabel = 0,681. Jadi thitung lebih besar dari t tabel yaitu 13.045 > 0,681 Sehingga peneliti dapat menyimpulkan data hasil belajar siswa dengan menggunakan media Komputer Pembelajaran (CAI) mata pelajaran IPA materi cahaya dan alat optik untuk siswa kelas VIII mengalami peningkatan sehingga media komputer pembelajaran (CAI) tersebut bisa dinyatakan efektif dalam pembelajaran.

Kata Kunci :Media Computer Assisted Instructions, Cahaya dan alat optik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

Development of CAI (Computer Assisted Instructions) Material Light and Optical Science Subjects Class VIII SMPN 28 Surabaya

In the process of teaching and learning the presence of media has an important role. It Because at these activities when we found unclear material or material delivered can be helped by presenting the media as intermediary. Hassle material that will be presented to students can be simplified with the help of media. Media can represent what is less capable teachers say through words or certain sentence. The same thing is found in science subjects in class VIII SMPN 28 Surabaya, especially on light and optical. the material is not maximized, it proved by a lot of student who did not reach the standart of note or KKM (Minimum Criteria exhaustiveness). about 22 students of a total of 35 students did not reach the KKM. This is because in explaining the material teacher only using poster as a medium to deliver optical material to student, While students need a media that can display the working principle of optical devices significantly.

There are two formulation of the problem of this research that required, that needed the test of feasibility and test of effectiveness the CAI media. The test is required in the subject matter of light and optical devices for class VIII SMPN 28 Surabaya. Research goal is to produce CAI media, to know feasibility of CAI media and also learned effectiveness of CAI media. Specifications of developed product is a CAI media which packaged in a CD (compact disk) and also with guide books and lesson plans (RPP) which used in the application of media.

Based on the results of the design validation through media experts, the results of calculations for each aspect ie PSA results (Calculation every aspect) from the aspect of the appeal is 81.5 (Very good and does not need to be revised) and aspects of design accuracy was 70 (good and do need to be revised). The results of the validation of both subject matter experts said to be very good by calculating every aspect ie PSA thorough understanding of 87.5 (very good and does not need to be revised), PSA message content of 80 (very good and does need to be revised), PSA accuracy of the contents of 80 , Data from individual testing consisting of 3 people from the aspect of the appeal of 87.48 (Very good and does not need to be revised), the aspect comprhention 96.5 (Very good and does not need to be revised), standards, technical aspects of 93.2 (Very good and does not need to be revised). The results of trials small groups of 10 students aimlessly aspect of the appeal of 92.57 (very good and does not need to be revised), comperhention 93 (very good and does not need to be revised), the standard technis 90.6 (excellent and not needs to be revised). The test result large group consisting of 20 students is an aspect of the appeal of 95.57 (very good and does not need to be revised), comperhention 95 (very good and does not need to be revised), the standard technis 96% (very good and does not need to be revised ).

Based on the acquisition value of the use of CAI media students with significance level of 5% value db = 35-1 = 34, then obtained obtained ttable = 0.681. So thitung bigger than ttable is 13 045> 0.681 Thus, researchers can deduce the data of student learning outcomes by using media Computer Learning (CAI) science subjects matter of light and optical devices for eighth grade students increased. so that the computer media instructional (CAI) can be declared as an effective learning.

Keywords: Media Computer Assisted Instructions, light and optical equipment

 

Published
2016-12-15
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 18