PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATERI SISTEM INDERA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS XI IPA DI MAN KEBOAN JOMBANG

  • NABILAH MAWARIDA DEWANTO

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk media Computer Assisted Instruction (CAI) dengan model tutorial yang layak dan efektif pada mata pelajaran Biologi materi Sistem indera untuk siswa kelas XI IPA di MAN Keboan Jombang. Pengembangan media ini menggunakan model dan prosedur pengembangan Research and Development (R & D) oleh Borg dan Gall dalam Sugiono. Dalam pelaksanaannya dilakukan beberapa tahapan, yakni ; review materi dan media dengan para ahli materi dan ahli media, kemudian diuji cobakan kepada siswa dalam bentuk perorangan, kelompok kecil, dan uji coba pemakaian. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik perhitungan Prosentase Setiap Aspek (PSA). Sedangkan data eksperimen dihitung menggunakan rumus pretest dan post-test.

Hasil review kepada dua ahli materi yaitu 100% dan review pada ahli media yaitu 89,99%. Kemudian pada hasil uji coba perorangan yaitu 89,4% lalu pada kelompok kecil yaitu 85,8% dan pada uji coba kelompok besar 80,93%. Hasil data diperoleh menunjukan media layak dipergunakan. Hasil tes diperoleh data 21,82 > 2,045 maka dapat disimpulkan t0 lebih besar dari t0.05. dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Computer Assisted Instruction (CAI) ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI IPA di MAN Keboan Jombang.

Berdasarkan hasil review, maka dapat disimpulkan bahwa media Computer Assisted Instruction (CAI) telah layak dan efektif berdasarkan kategori yang ditunjukan pada ujicoba yang dilakukan. Melihat karakteristik sasaran, media Computer Assisted Instruction (CAI) yang dikembangkan hanya dapat dipergunakan dalam kegiatan belajar kelas XI IPA materi sistem indera manusia.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Computer Assisted Instruction (CAI), Biologi, Sistem indera manusia.

 

Abstract

This research was conducted to produce media Computer Assisted Instruction (CAI) with a model for appropriate and effective tutorials on subjects Biological material senses System for class XI IPA at MAN Keboan Jombang. This media development using models and procedures for the development of Research and Development (R & D) by Borg and Gall in Sugiono. In the execution carried out several stages, namely; review the material and media with the subject matter experts and media experts, then tested the students in the form of individual, small group, and trial usage. Collecting data using interviews and questionnaires were then analyzed using the calculation technique Percentage Every Aspect (PSA). While experimental data is calculated using the formula pretest and post-test.

The results of the two experts review the material that is 100% and reviews on media expert is 89.99%. Then on the results of individual testing is 89.4% then in small groups of 85.8% and the large group trial 80.93%. The results of the data obtained show a decent media used. The results of the test data obtained 21.82> 2.045 it can be concluded t0 is greater than t0.05. of these results it can be concluded that the media Computer Assisted Instruction (CAI) is effective in improving student learning outcomes in grade XI IPA at MAN Keboan Jombang.

Based on a review, it can be concluded that the media Computer Assisted Instruction (CAI) has feasible and effective based on the categories presented at the trials conducted. Seeing the characteristics of the target, media Computer Assisted Instruction (CAI) developed may only be used in classroom learning activities XI matter of human sensory system.

Keywords : Development, Media Computer Assisted Instruction (CAI), Biology, Systems human senses.

Published
2016-12-28
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 18