PENGEMBANGAN MEDIA CAI PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 SURABAYA

  • abidin arridho ajitama

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media CAI (Computer Assited Instructional) pada materi pokok Keragaman Sosial Budaya kelas VII di SMP Negeri 23 Surabaya. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu : 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), 5) evaluasi (evaluate).

Hasil uji kelayakan media CAI ini berdasarkan hasil validasi ahli materi adalah layak digunakan, validasi ahli media layak digunakan, hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan Media CAI dinyatakan layak dan dapat membantu proses belajar mengajar. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji T, hasil perbandingan nilai pre test kelas eksperimen dengan nilai pre test kelas kontrol adalah 0,173 dengan db = 58 sig 5% diperoleh t tabel 2,00172. Jadi t hitung < t tabel (0,173 < 2,00172) maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa adalah sama. Hasil perbandingan nilai post test kelas eksperimen dengan nilai post test kelas kontrol adalah 5,992 dengan nilai db=58 sig 5% maka diperoleh t tabel 2,00172, jadi t hitung > t tabel (5,992 > 2,00172) maka dapat disimpulkan ada perbedaan signifikan. Untuk mean post test kelas eksperimen = 87,56 lebih bagus daripada mean post test kelas kontrol = 69,3, padahal kemampuan awal siswa adalah sama. Jadi yang membedakan adalah perlakuan diberikan sebuah media, maka dapat disimpulkan bahwa media CAI dalam pembelajaran ini efektif dan dapat meningkatkan hasil belajara siswa kelas VII materi pokok Keragaman Sosial Budaya di SMP Negeri 23 Surabaya.

Kata Kunci : Pengembangan, Media, CAI, Keragaman Sosial Budaya

Abstract

This research aims to product Media CAI (Computer Assited Instructional) for content socio-cultural diversity class VII state junior high school 23 Surabaya. Development methods used is model ADDIES including 5 steps : 1) analyze 2) design 3) development 4) implantation 5) evaluate.

Result of feasibility test media CAI by specialist content is fit for use, validation specialist media fit for use, result individual testing, small group testing, and large group testing. The conclusion is media CAI development otherwise fit for use and can help teaching and learning process. The calculation t test, result comparison value pretest class experiment with value pretest class control is 0,173 with db = 58 sig 5% acquired t table 2,00172. So, t calculate < t table (0,173<2,00172) conclusion early ability student is same. Result value comparison posttest class experiment with value posttest class control is 5,992 with value db=58 sig 5% acquired table 2,00172, so t calculate > t table (5,992>2,00172) conclusion is, there are significant differences. For mean posttest class experiment = 87,56 better mean posttest class control = 69,3, although early ability student is same. So, distinguishing is treatment given a media, conclusion media CAI in learning is effective and can improve learning outcomes student class VII content socio-cultural diversity in State Junior High Scholl 23 Surabaya

Key Word : Development, Media, CAI, Socio-Cultural Diversity

Published
2016-12-28
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 21