PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI BADAN USAHA KELAS VII MTS NU SIDOARJO

  • NELLA PRIHANDINI

Abstract

ABSTRAK

 

Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi Badan Usaha yang diketahui dari hasil Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 75 ini juga belum bisa dicapai oleh peserta didik kelas VII MTS NU Sidoarjo pada mata pelajaran IPS materi Badan Usaha Kelas VII di MTS NU Sidoarjo yang berjumlah 36 peserta didik per kelas ini sekitar 30 peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM,rata-rata nilainya yaitu 54. Jadihanya6 peserta didik yang mampu mencapai nilai KKM. 

Dengan kesenjangan tersebut dilaksanakan penelitian untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif Teknik Numbered Head Together.Dengan cara ini diharapkan hasil belajar siswa meningkat sesuai dengan KKM.

Adapun jawaban sementara untuk penelitian ini ialah Ho nya adalah Tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered head together terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaranIPS materi Badan Usaha kelas VII MTS NU Sidoarjo. Dan Ha nya adalah Ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered head together terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaranIPS materi Badan Usaha kelas VII MTS NU Sidoarjo

Dengan adanya penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada materi Badan Usaha.

Pada penelitian ini menggunakan desain True Eksperimental Control group pretest-posttest, dengan subyek penelitian kelas eksperimen (VII B), kelas eksperimen (VII D) dan kelas Kontrol (VII C). Penelitian ini dilaksanakan di MTS NU Sidoarjo. Perlakuan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together, sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran Metode Ceramah. Variabel penelitian yang diteliti adalah variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Numbered Head Together dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VII MTS NU Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Anova One Way untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan.

Hasil analisis data dari kelas eksperimen dalam proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together diperoleh nilai rata-rata 81,25% untuk guru yang termasuk dalam kritera baik sekali dan diperoleh nilai rata-rata 70,83% untuk siswa yang termasuk dalam kriteria baik.Untuk hasil analisis data tes dengan menggunakan uji anova one waynilai pre-test diperoleh hasil lebih kecil dari (1,412 < 3,124),sedangkan hasil uji anova one way untuk nilai post-test diperoleh hasil= 5,832 yang kemudian dikonsultasikan dengan dengan subyek N=25 taraf signifikan 95% batas penolakan sebesar 3,132 . Dengan demikian lebih besar dari (5,832 > 3,132), maka data hasil belajar kelompok eksperimen yang menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah dinyatakan terdapat perbedaan rata-rata tiap kelompok diakibatkan oleh metode yang digunakan berbeda.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan yang menggunakan metode pembelajaran ceramah pada proses pembelajaran IPS Materi Badan Usaha bagi siswa kelas MTS NU Sidoarjo.

Kata kunci:Pembelajaran kooperatif teknik numbered head together (NHT), Hasil Belajar

 


ABSTRACT

Effect of Application of Cooperative Learning Model Numbered Head Together Techniques to Improve Learning Outcomes Learners on the Subject Matter IPS Enterprise Class VII MTS NU Sidoarjo

Name: Nella Prihandini

NIM: 12010024060

Study Program: S-1

Subject: Curriculum and Educational Technology Faculty of Science Education

Name of Institution: State University of Surabaya

Supervisor: Drs. I Ketut Pegig Arthana, M.Pd

The low learning outcomes of students in social studies materials Enterprises is known from the results criteria Complete Minimal by 75 this also can not be achieved by the students of class VII MTS NU Sidoarjo in social studies materials Enterprise Class VII in MTS NU Sidoarjo the 36 learners per class is about 30 students who scored below the KKM, the average value is 54. So only 6 learners who are capable of reaching the KKM.
With the gap undertaken research to implement cooperative learning model Numbered Head Together Engineering. In this way the expected student learning outcomes increased with KKM.

The temporary answer to this study is that it is Ho No significant effect of cooperative learning model application techniques Numbered head together toward the study of students in social studies classroom materials Enterprises VII MTS NU Sidoarjo. Ha and his is There a significant influence implementation of cooperative learning model Numbered engineering head together toward the study of students in social studies classroom materials Enterprises VII MTS NU Sidoarjo
Given this study the authors aimed to determine whether the implementation of cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) can improve student learning outcomes in social studies on materials Enterprises.

In this study design using True Experimental Control group pretest-posttest, the experimental class research subjects (VII B), the experimental class (VII D) and class Control (VII C). This research was conducted in NU MTS Sidoarjo. Treatment of experimental class by implementing cooperative learning model Numbered Head Together, while the control class with teaching methods Lecture. The research variables studied were free variable that the implementation of cooperative learning model Numbered Head Together techniques and the dependent variable is student learning outcomes in social studies class VII Subjects MTS NU Sidoarjo. Data collection method used is the technique of observation and tests. Data were analyzed using One Way ANOVA to determine differences in learning outcomes in the experimental class after being treated.

The results of the data analysis of the experimental class in the implementation of cooperative learning model Numbered Head Together obtained the average value of 81.25% for teachers included in the criteria very well and obtained the average value of 70.83% for the students who are included in both criteria , For the results of the analysis of the test data using ANOVA test one way the pre-test results obtained f_hitunglebih smaller than f_tabel (1.412 <3.124), while the results of ANOVA test one way to value post-test results obtained f_hitung = 5.832 which is then consulted with f_tabel by subject N = 25 significant level of 95% rejection limit of 3.132. Thus f_hitunglebih than f_tabel (5.832> 3.132), then the data from studying the experimental group that uses the application of cooperative learning model Numbered head together with a control group using lecture method stated there are differences in the average of each group due to the methods used are different.

The conclusion of this study indicate that the implementation of cooperative learning model Numbered head techniques together can improve student learning outcomes significantly in comparison with the use of learning methods in the learning process IPS lecture material for students of classes Enterprises MTS NU Sidoarjo.

Keywords: cooperative learning techniques Numbered Head Together (NHT), Learning Outcomes

 


 

Published
2017-01-04
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 10