PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENDESKRIPSIKAN TUMBUHAN ATAU BINATANG SEKITAR SECARA SEDERHANA BERDASARKAN CIRI-CIRINYA PADA KELAS II SDN PRAJJAN CAMPLONG MADURA

  • MUHAMMAD sirat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran yang layak dan efektif untuk digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mendeskripsikan ciri-ciri hewan atau tumbuhan yang diterapkan di kelas II SDN Prajjan Camplong Sampang Madura. Media permainan ular tangga merupakan media yang dipilih untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran karena jika hanya dengan menggunakan buku paket maka pembelajaran dirasakan kurang bervariasi dan kurang inovatif sehingga materi yang disampaikan kurang bisa diterima oleh siswa.

Pengembangan media ular tangga dilakukan dengan menggunakan model pengembangan R&D Borg and Gall dalam Sugiyono (2010:409). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan tes. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi I mendapatkan persentase nilai rata-rata sebesar 97,5%, ahli materi II sebesar 80%, ahli media I sebesar 90% dan ahli media II sebesar 75%. Sedangkan uji coba perseorangan pada siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,97% dan uji coba kelompok kecil sebesar 88,39%. Pada analisis hasil tes, pre-test mendapatkan nilai rata-rata 61,93% dan post-test mendapatkan nilai rata-rata 91,82%, dan dengan menggunakan perhitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 4,87, jika dibandingkan dengan ttabel yang didapatkan dari db=28-1=27 dengan taraf signifikansi 5% akan didapatkan ttabel sebesar 2,045, maka thitung lebih besar dari pada ttabel, yakni 4,87 > 2,045. Berdasarkan hasil analisis data validasi dan tes, maka dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mendeskripsikan tumbuhan atau binatang secara sederhana, layak dan efektif bagi siswa kelas II SDN Prajjan Camplong Madura.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Ular Tangga, Bahasa Indonesia

Abstract

This research has an aims for producing an appropriate and effective product of instructional media to be use in the subject of Indonesian materials about describing the characteristics of an animal or plant applied in class II SDN Prajjan Camplong Sampang Madura. Snakes and ladders game media selected to be developer media of learning. Because if using only a textbook, the learning proses will be felt less varied and less innovative, so that the material presented cannot be accepted by the students easily.

Snakes and ladders media development is done by using the model of the development of R&D Borg and Gall by Sugiyono (2010: 409). Instruments of data collection using questionnaires, interviews, observation and tests. The validation results obtained from subject matter experts I get a percentage of the average value of 97.5%, a second material experts by 80%, media experts I by 90% and media experts II by 75%. While testing the individual on the students get an average of 92.97% and a small group trial amounted to 88.39%. In the analysis of the results of the test, pre-test to get the average value of 61.93% and post-test scores on average 91.82%, and by using t-test calculations obtained thitung 4.87, compared with the ttabel obtained from db = 28-1 = 27, with a significance level of 5% will be obtained ttabel 2,045, then thitung greater than ttable, namely 4.87> 2.045. Based on the analysis of data validation and test, it can be concluded that the media game of snakes and ladders Indonesian language subjects describe a plant or animal material in a simple, feasible and effective for grade II SDN Prajjan Camplong Madura.

Keywords: Development, Media Snakes and Ladders, Indonesian Language.

Published
2017-01-06
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 33