PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID UNTUK MATA PELAJARANMANAJEMEN PRODUKSI PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • FARID CANDRA IRAWAN

Abstract

Abstrak

 Manajemen produksi merupakan mata pelajaran yang bertujuan umtuk memberikan bekal pada siswa agar dapat melakukan proses produksi dengan maksimal. Selain itu, manajemen produksi juga merupakan langkah awal sebelum produksi berlangsung. Pelajaran manajemen produksi mengharuskan siswa untuk dapat mengetahui cara penyusunan naskah sampai pemilihan crew film. Dalam hal ini media e-modul merupakan media yang tepat untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi terdapat masalah pada rendahnya hasil belajar siswa ke kelas XI TPPPP2 di SMKN 1 Surabaya pada mata pelajaran manajemen produksi bab pra produksi. Berdasarka sample yang diambil, dari 30 siswa kelas XI TPPPP hanya 7 anak yang mencapai SKM (75). Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media e-modul dan untuk mengetahui efektivitas media e-modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TPPPP2 di SMKN 1 Surabaya.

Model dan prosedur pengembangan yang digunakan yaitu R & D Borg and Gall. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu: review dengan ahli materi dan ahli media,evaluasi dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan yaitu dengan kelompok besar dan untuk mengetahui hasil belajar, pengembang melakukan eksperimen semu. Pengumpulan data menggunakan metode angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus deskriptif presentase. Sedangkan data eksperimen semu di hitung menggunakan rumus uji t dua sampel bebas. Hasil uji coba kepada dua ahli materi yaitu 100 % dan uji coba kepada dua ahli media yaitu 89,15%. Sedangkan hasil uji coba perorangan yaitu 94,4 %, uji coba kelompok kecil yaitu 97,39 %, dan uji coba kelompok besar yaitu 99,3%. Hasil uji t memperoleh data 8,472 > 1,684 maka hasil tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar.

Kata kunci: pengembangan, e-modul, manajemen produksi, film, Borg and Gall

Abstract

The goal of Manajemen Produksi subject is preparing students to conduct the production process in a good way. Besides, this subject also shows students the beginning steps in conducting some productions. This subject lets students know the way of script composing up to crew selection. In this case, E-Module is the appropriate media to increase the students’ achievements. Based on the pre-observation result, it is found that students of XI TPPPP2 SMKN 1 Surabaya had a low achievement in Pra-Produksi Chapter of Manajemen Produksi Subject. As the data found, among 30 students there were only 7 students who reach the SKM (75). This research is conducted to know the effectiveness of E-Modul as the teaching media and also it’s function dealing with increasing students’ achievements.

Developing procedure that is used is R & D Borg and Gall. In conducting the observation, the researcher had several steps, they are; review section supported by material expert and media expert, evaluation section that were done toward each student, small group, and big group. Moreover, to know the achievement, the researcher conducted Quasi-Experiment. The data collected through questionnaire separation and analyzed in descriptive presentation formula. While the data of Quasi-Experiment were analyzed using ‘Uji t dua sampel bebas’ formula. The result of observation conducted toward 2 material expert showed 100%, and for 2 media expert showed 89,15%. While the result of observation conducted toward individual showed 94,4%, small group showed 97,38%,and big group showed 99,3%. The result of ‘t test’ showed 8,472 > 1,684. In conclusion, the result showed the the increasing of students achievements.

Key Word : Improving, E-Modul, Production Management, Film, Borg and Gall

Published
2017-01-10
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 110