PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL (CAI) MATA PELAJARAN IPA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMP N 2 DAWARBLANDONG, MOJOKERTO.

  • DENY ASMORO

Abstract

Pengembangan media Computer Assisted Insruction (CAI) pada mata pelajaran IPA materi gerak pada tumbuhan untuk mengingkatkan hasil belajar siswa di SMP N 2 Dawarblandong, Mojokerto. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai acuan. Dikarenakan di dalam model ADDIE terdapat langkah-langkah yang lebih sistematis dan tepat yang diakuratkan dengan uji coba arief sadiman. Pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran yang layak, efektif dan untuk memfasilitasi belajar siswa. Dalam pelaksanaan dilakukan beberapa tahapan, yakni ; review dengan para ahli materi, media dan pembelajaran, kemudian di uji cobakan kepada siswa dalam bentuk perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Pengumpulan data menggunakan metode angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik perhitungan PSA(prosentase Setiap Aspek) danPSP(prosentase Setiap Program). Sedangkan data eksperimen di hitung menggunakan rumus pre-test dan post-test. Hasil review kepada ahli materi dengan skor 95,8, review pada ahli media dengan skor 85. Kemudian pada hasil uji coba perorangan yaitu 100 lalu pada kelompok kecil yaitu 100 dan pada uji coba kelompok besar 98,7. Hasil data diperoleh menunjukan media layak dipergunakan Dari hasil analisis data hasil test pembelajaran menggunakan media Computer Assisted Instructional (CAI) kelompok eksperiment terdapat perbedaan yang signifikan dengan kelompok kontrol yang pembelajaran tidak menggunakan media Computer Assisted Instructional (CAI). Ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai data hasil testnilai t hitung = 10,75. Dari hasil perhitungan d.b = (Nx+Ny-2)=(32+32-2) = 62 (dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t0,05 harga t tabel = 1,671. t hitung lebih besar dari pada tabel t tabel dengan perbandingan angka t hitung = 10,75 > t tabel = 1,671. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Computer Assisted Instructional (CAI) efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi Gerak pada Tumbuhan siswa kelas VIII di SMP N 2 Dawarblandong,Mojokerto.

Kata kunci: Pengembangan, Computer Assisted Instructional (CAI), Gerak pada Tumbuhan

Abstract

Development of Computer Assisted Insruction media (CAI) in science subjects motion of matter in plants to improve student learning outcomes in the SMP N 2 Dawarblandong, Mojokerto. In this study using ADDIE development model as a reference. Because in the ADDIE model of the steps are more systematic and precise accurately trials arief Sadiman. This development aims to produce media that adequate, effective and to facilitate student learning. In the implementation carried out several stages, namely; review by the subject matter experts, media and learning, then tested the students in the form of individual, small group, and large groups. Collecting data using questionnaires, and then analyzed using calculation techniques PSA (percentage Every Aspect) and PSP (percentage of each program). While experimental data is calculated using the formula of pre-test and post-test. The results of the reviews to the subject matter experts with a score of 95.8, review the media experts with a score of 85. Then on the test results of 100 individuals and in small groups, namely 100 and the large group trial 98.7. The results of the data obtained show a decent media used Data analysis test results of learning using media Computer Assisted Instructional (CAI) experimental group there were significant differences with the control group who did not use media learning Computer Assisted Instructional (CAI). This can be evidenced by the acquisition value of test result data value t = 10.75. From the calculation d.b = (Nx + Ny-2) = (32 + 32-2) = 62 (consulted with the table value of t) with a value price t0,05 t table = 1.671. t is greater than t table with a comparison table number t = 10.75> t table = 1.671. It can be concluded that the media Computer Assisted Instructional (CAI) is effective in improving learning outcomes plant material motion in class VIII SMP N 2 Dawarblandong, Mojokerto.
Keywords: Development, Computer Assisted Instructional (CAI), Motion in Plants

Published
2017-01-16
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 24