PENGEMBANGAN MEDIA MODUL DIGITAL PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MATERI POKOK MICROSOFT EXCEL UNTUK SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF NU KEDUNG KENDO SIDOARJO

  • Dita Dewi Ratnasari

Abstract

ABSTRAK

pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk, menguji kelayakan dan menguji keefektifan media Modul Digital pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) materi pokok Microsoft Excel siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Kedung Kendo dan untuk mengukur kelayakan dan keefektifannya.Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yang menggunakan desain penelitian quasi eksperiment. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Jenis data yang diperoleh yaitu berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Dari hasil angket ahli materi 1 dan 2 mendapat persentase sebesar 100%, ahli media 1 dan 2 mendapat persentase sebesar 92,5% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil angket dari uji coba perorangan mendapat persentase 97,8%, uji coba kelompok kecil 95,6%, uji coba kelompok besar 89,1% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dapat disimpulkan bahwa media modul digital layak untuk digunakan siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) materi pokok microsoft excel di kelas VIII MTs Ma’arif NU Kedung Kendo Sidoarjo. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media modul digital diperoleh penghitungan dengan taraf signifikansi 5% (Sugiono, 2010) d.b. = N – 1 = 30 – 1 = 29 dikonsultasikan dengan tabel nilai t dengan nilai t 0,05, harga ttabel = 2,045, maka dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel dengan perbandingan angka thitung = 17,71 > ttabel = 2,045. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Modul Digital, Microsoft Excel

ABSTRACT

This development aims to produce, test the feasibility and test the effectiveness of digital media module on the subjects of information and communication technology (ICT) the subject matter of a Microsoft Excel class VIII MTs Maarif NU Kedung Kendo and to measure the feasibility and effectiveness.This research includes the development of research using quasi experiment research design.Data collection methods used are observation, interviews, documentation, questionnaire, and test.The type of data that is obtained in the form of quantitative and qualitative data.From the questionnaire results matter experts 1 and 2 gets a percentage of 100%, an expert media 1 and 2 gets a percentage of 92.5% is included in the excellent category.While the results of questionnaires from individual testing a percentage of 97.8%, a small group trial 95.6%, a large group trial of 89.1% which is included in the excellent category, it can be concluded that the media digital module feasible to use students in learning on the subjects of information and communication technology (ICT) subject matter microsoft excel in class VIII MTs Maarif NU Kedung Kendo Sidoarjo.As for knowing the effectiveness of digital media module obtained by calculating the 5% significance level (Sugiono, 2010) db = N - 1 = 30-1 = 29 consulted with the table value of t to 0.05 t value, the price of t table = 2.045, it can be note that t is greater than t table with a comparison of the numbers t = 17.71> t table = 2.045.Thus Ho rejected and Ha accepted..

Keywords:Development, Digital Media Module, Microsoft Excel

Published
2017-03-02
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 57