PENGEMBANGAN MEDIA CAI MATERI MENGGUNAKAN KAMERA DIGITAL MATA PELAJARAN PRODUKTIF MULTIMEDIA UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK NU TRATE GRESIK

  • Amirah Nabilah Edyanti

Abstract

ABSTRAK

               Mata pelajaran produktif multimedia merupakan mata pelajaran wajib yang harus ada pada sekolah menengah kejuruan pada program studi multimedia, pada penelitian ini rumusan masalahnya adalah: 1. Diperlukan pengembanganmedia Computer Assisted Instruction untuk mengenalkan penggunaan kamera digital pada siswa kelas XI Multimedia Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kompetensi Dasar Menggunakan Kamera Digital di SMK NU Trate Gresik, 2. Diperlukan uji kelayakan terhadap media Computer Assisted Instruction yang dikembangkan untuk siswa kelas XI Multimedia Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kompetensi Dasar Menggunakan Kamera Digital di SMK NU Trate Gresik, 3. Diperlukan uji efektifitas terhadap media Computer Assisted Instruction yang dikembangkan untuk siswa kelas XI Multimedia Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kompetensi Dasar Menggunakan Kamera Digital di SMK NU Trate Gresik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses : 1. Menghasilkan media Computer Assisted Instruction untuk mengenalkan penggunaan kamera digital yaitu fungsi tombol-tomboldanfitur-fitur pada kamera DSLR untuk siswa kelas XI Multimedia Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kompetensi Dasar Menggunakan Kamera Digital di SMK NU Trate Gresik, 2. Mengetahui kelayakan media Computer Assisted Instruction yang dikembangkan pada siswa kelas XI Multimedia Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kompetensi Dasar Menggunakan Kamera Digital di SMK NU Trate Gresik, 3. Mengetahui efektifitas terhadap media Computer Assisted Instruction yang dikembangkan untuk siswa kelas XI Multimedia Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kompetensi Dasar Menggunakan Kamera Digital di SMK NU Trate Gresik.

Produk hasil pengembangan media Computer Assisted Instruction ini adalah : 1. Produk media Computer Assisted Instruction yang dikemas dalam bentuk Compact Disk dan diberi cover. Lalu di dalamnya berisi tampilan materi tentang menggunakan kamera digital dalam bentuk teks, gambar maupun animasi, serta tutorial penggunaan kamera dan diberi soal yang berbentuk soal pilihan ganda, 2. Bahan penyerta yang berupa buku panduan di dalamnya berisi cara menggunakan media Computer Assisted Instruction serta cara perawatan media, 3. RPP yang dirancang oleh pengembang yang disesuaikan dengan media yang dibuat yaitu media Computer Assisted Instruction.

Subjek penelitian adalah siswa kelas XI multimedia di SMK NU TRATE GRESIK. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development). Pengujian media modul pembelajaran ini melibatkan Dari hasil wawancara dengan ahli materi dan ahli media dapat ditarik kesimpulan dari ahli materi I memperoleh hasil dengan nilai porsentase 84,6% dan II memperoleh hasil dengan nilai porsentase 86,5% termasuk dalam kategori sangat baik, serta ahli media I memperoleh hasil dengan nilai porsentase 80,9% dan II memperoleh hasil dengan nilai porsentase 88,2% termasuk dalam kategori baik. Melalui hasil angket uji coba produk, maka dapat disimpulkan bahwa: (a) uji coba perseorangan memperoleh hasil dengan nilai porsentase 86,9% termasuk dalam kategori baik sekali, (b) uji coba kelompok kecil memperoleh hasil dengan nilai porsentase 87,2% termasuk dalam kategori baik sekali, dan (c) uji coba kelompok besar memperoleh hasil dengan nilai porsentase 87,1% termasuk dalam kategori baik sekali.

Berdasarkan perhitungan soal pre-teset dan post-test dengan taraf signifikan 5%, nilai d.b= 40 – 1 = 39, kemudian diperoleh : 2,42 Dengan demikian lebih besar dari yaitu 30,43 > 2,42. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan media CAI Menggunakan Kamera Digital dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada Produktif Multimedia Standart Kompetensi Menggunakan Kamera Digital di SMK NU Trate Gresik. Berdasarkan perhitungan pre-test dan post-test praktek dengan taraf signifikan 5%, nilai d.b= 40 – 1 = 39, kemudian diperoleh : 2,42 Dengan demikian lebih besar dari yaitu 14,728> 2,42. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan media media CAI Menggunakan Kamera Digital dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pada Produktif Multimedia Standart Kompetensi Menggunakan Kamera Digital di SMK NU Trate Gresik.

Kata Kunci : Pengembangan, Media CAI, Produktif Multimedia, Multimedia

 

ABSTRACT

Multimedia productive subjects is a compulsory subject that should exist in secondary vocational schools in multimedia studies program, in this study the formulation of the problem is: 1. Required the development of Computer Assisted Instruction media to introduce the use of digital cameras in class XI Subjects Productive Multimedia Multimedia Competency Using Digital Camera at SMK NU trate Gresik, 2. Necessary due diligence on the media Computer Assisted Instruction developed for students of class XI Subjects Productive Multimedia Multimedia Competency Using Digital Camera at SMK NU trate Gresik, 3. Required test the effectiveness of the media Computer Assisted Instruction developed for students of class XI Subjects Productive Multimedia Multimedia Competency Using Digital Camera at SMK NU trate Gresik.

This study aims to find out the process : 1. Generate media Computer Assisted Instruction to introduce the use of digital cameras is the function button-tomboldanfitur-feature on DSLR cameras for class XI student of Productive Multimedia Multimedia Lesson Basic Competencies Using Digital Camera at SMK NU trate Gresik, 2. Determine the feasibility of Computer Assisted Instruction media developed in class XI Subjects Productive Multimedia Multimedia Competency Using Digital Camera at SMK NU trate Gresik, 3. Determine the effectiveness of the media Computer Assisted Instruction developed for students of class XI Subjects Productive Multimedia Multimedia Competency Using Digital Camera at SMK NU trate Gresik.

Product results Computer Assisted Instruction media development are: 1. Computer Assisted Instruction media products are packaged in the form of Compact Disk and given cover. Then it contains material about the display using a digital camera in the form of text, images and animations, as well as tutorials use a camera and was given about the form of multiple choice questions, 2. Accompanying material in the form of guide books in it shows how to use the media Computer Assisted Instruction and how media treatment, 3. RPP designed by developers that are tailored to the media made that media Computer Assisted Instruction.

The subject of research is a class XI student of SMK NU trate multimedia in Gresik. This development uses a model of R & D (Research and Development). Testing media learning module involves From interviews with subject matter experts and media experts can be deduced from the subject matter experts I get results with a value of 84.6% and II porsentase obtain results with 86.5% porsentase value included in the excellent category, as well as experts media I get results with a value of 80.9% and II porsentase obtain results with 88.2% porsentase value included in both categories. Through the results of a questionnaire testing the product, it can be concluded that: (a) trials of individuals obtain results with 86.9% porsentase value included in the category of excellent, (b) small group trial results are derived by porsentase value of 87.2% included in both categories once, and (c) large group trial porsentase obtain results with a value of 87.1% included in either category yet.

Based on the calculation teset matter of pre-and post-test with significance level of 5%, the value of db = 40-1 = 39, then obtained T_ (Table): 2.42 Thus taritmetic greater than T_ (table) ie 30 , 43> 2.42. From these statements it can be concluded that the use of media CAI Using Digital Cameras in learning can improve learning outcomes Productive Standart Multimedia Competence Using Digital Camera at SMK NU trate Gresik. Based on the calculation of pre-test and post-test practices with significant level of 5%, the value of db = 40-1 = 39, then obtained T_ (Table): 2.42 Thus t arithmetic greater than T_ (table) is 14 ,728> 2.42. From these statements it can be concluded that using media media CAI Using Digital Cameras in learning can improve learning outcomes Productive Standart Multimedia Competence Using Digital Camera at SMK NU trate Gresik.

Keywords: Development, Media CAI, Productive Multimedia, Multimedia

 

 

Published
2017-04-06
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 24