PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI MATERI POKOK GAYA GRAVITASI PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK KELAS V SDI AL-MUNAWIR DESA SUKOREJO KECAMATAN PERAK KABUPATEN JOMBANG

  • LUTFIYATUL MUNAWAROH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan media tiga dimensi model kerja materi gaya gravitasi mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SDI Al-Munawir Sukorejo Jombang. 2) Mengetahui kelayakan media tiga dimensi model kerja materi gaya gravitasi mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di SDI Al-Munawir Sukorejo Jombang.

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan R&D. 1) Penelitian dan pengembangan media tiga dimensi model kerja ini melalui 9 tahapan, yaitu analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. 2) kelayakan media tiga dimensi model kerja materi gaya gravitasi mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yaitu : a) ahli materi menilai kesesuaian materi dengan media yang dikembangkan, kejelasan materi, kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran, kesesuaian dengan tingkat kemampuan siswa, kualitas dari segi daya tarik. b) ahli media menilai kualitas daya tarik, kualitas tampilan, ukuran media dan mudah digunakan. c) populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa, sedangkan sampel penelitian

Pengembangan ini menggunakan model pengembangan R&D oleh Borg and Gall, model pengembangan ini dipilih karena mempunyai tujuan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk, tujuan itu sesuai dengan tujuan peneliti yang ingin menghasilkan produk berupa media pembelajaran. Langkah-langkah pada model penelitian dan pengembangan ini juga sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan pada SDI Al-Munawwir, tapi dalam langkah-langkah Research and Development (R&D) hanya menggunakan 9 langkah.

Pengembangan media ini  menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji validasi desain model kerja yang dilakukan oleh ahli materi dengan 89,04 kategori sangat baik, ahli media dengan 79,85 kategori baik. uji coba perorangan dengan 88,85 kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan 88,33 kategori sangat baik dan uji coba kelompok besar dengan 89,10 kategori sangat baik. Melalui data-data tersebut menunjukkan bahwa media tiga dimensi model kerja ini telah layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran.

 

Untuk Hasil uji t menunjukkan nilai sebelum menggunakan media 2070. Dan setelah menggunakan media 2775. Sehingga berdasarkan perhitungan dengan taraf signifikan 5%, d.b = 33-1=32 sehingga diperoleh t tabel 2.04. jadi t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 8,63>2.04. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media tiga dimensi model kerja sangat efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran didalam kelas pada mata pelajaran IPA kelas V di SDI Al-Munawir Sukorejo Jombang dan dengan memanfaatkan media tiga dimensi model kerja tersebut maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci : Pengembangan, media tiga dimensi model kerja, IPA, Gaya Gravitasi

 

Abstrack

 

This research aims to: 1) generate a three-dimensional media type working model for gravity of natural science subjects in SDI Al-Munawir Sukorejo Jombang. 2) Determine the feasibility of a three dimensional media type working model for gravity of natural science subjects in SDI Al-Munawir Sukorejo Jombang.

This research is a research and development (Research and Development) development model R&D. 1) Research and development of three-dimensional media type working model through nine stages: needs analysis, data collection, product design, design validation, design revisions, product testing, product revision, utility testing, and product revision. 2) feasibility media three-dimensional model of the work material gravity subjects of science, namely: a) subject matter experts assess the suitability of the material to the media developed, the clarity of the material, the suitability of the media with the purpose of learning, compliance with the level of student ability, quality in terms of attractiveness , b) media experts assess the quality of the appeal, the display quality, media size and easy to use. c) population in this research were 33 students, while the study sample

This development uses a model of R & D by Borg and Gall, this development model chosen because it has the aim to produce a particular product, and test the effectiveness of the product, the purpose in accordance with the purpose of researchers who want to produce a product in the form of instructional media. Measures on research and development of the model is also consistent with studies that will be carried out at Al-Munawwir SDI, but in steps Research and Development (R & D) using only nine steps.

This media development using quantitative and qualitative data types. The results of the validation test model design work done by subject matter experts with excellent category 89.04, 79.85 media expert with both categories. 88.85 individual testing with excellent category, piloting a small group with a 88.33 excellent category and a large group trial with 89,10 very good category. Through these data indicate that the media three-dimensional model of this work have been eligible to be used in learning.

For T test results showed the value of using the media before 2070. And after using the medium 2775. Thus, based on calculations by the significant level of 5%, d.b = 33-1 = 32 thus obtained t table 2:04. so t is greater than t table is 8.63> 2:04. So it can be concluded that the three-dimensional media are very effective working model to be applied in the learning process in the classroom in science subjects in class V in SDI Al-Munawir Sukorejo Jombang and by utilizing the media three-dimensional media type working model, the learning outcomes of students has increased.

Keywords: Development, three dimensional media type working model, Natural Science, Gravity


Published
2017-04-11
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 31