PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IKLAN NON CETAK MATERI STORYBOARD

  • Devi Zoraya

Abstract

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar, apabila model pembelajaran tersebut berpusat pada peserta didik (student centered). Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) digunakan dalam proses pembelajaran agar menjadikan peserta didik berperan aktif. Fokus pembelajaran terletak pada konsep dan prinsip inti dari suatu disiplin studi yang melibatkan peserta didik dalam investigasi pemecahan masalah dan kegiatan tugas-tugas bermakna yang lain, sehingga memberi kesempatan peserta didik bekerja secara otonom dan mengkonstruk pengetahuan mereka sendiri, serta mencapai puncaknya menghasilkan produk nyata. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning Mata Pelajaran Iklan Non Cetak Materi Storyboard terhadap hasil belajar peserta didik Desain Komunikasi Visual kelas XI SMKN 1 Surabaya.

Metode penelitian ini adalah kuantitatif, data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data proses pelaksanaan model pembelajaran project based learning. Teknik tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik tentang materi storyboard dalam model pembelajaran project based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diketahui pada observasi guru dikelas eksperimen diperoleh perhitungan data dengan N= 29-1 = 28 taraf kepercayaan 95%, maka rtabel 0,374 < rhitung = 0,789. Data yang dianalisis menunjukan adanya persamaan atau sebuah kesepakatan antara observer I dan observer II.  Jadi rata-rata hasil observasi guru adalah  = 93%. Dari hasil tersebut, maka tergolong baik sekali. Kemudian berdasarkan data observasi siswa diperoleh perhitungan data dengan N= 29-1 = 28  taraf kepercayaan 95%. Maka, rtabel 0,374 < rhitung = 0,736. Data yang dianalisis menunjukan adanya persamaan atau sebuah kesepakatan atara observer I dan observer II. Jadi rata-rata hasil observasi siswa adalah  = 92%. Dari hasil tersebut, maka tergolong baik sekali. Selain itu, Perhitungan uji t untuk kelas eksperimen XI DKV 1 dengan taraf signifikansi 5% db=29 - 1 = 28 sehingga diperoleh ttabel 2,048. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu dengan angka 2,067 > 2,048. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen XI DKV 1 yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan signifikan dalam materi Storyboard.

Kata Kunci: model pembelajaran project based learning, materi storyboard, hasil belajar.

 

Published
2017-07-11
Abstract Views: 141
PDF Downloads: 95