PENGEMBANGAN MEDIA MODUL SUPLEMEN SEKOLAH DASAR UNTUK EDITOR PENULIS DI DIVISI REDAKSI PT. JEPE PRESS MEDIA UTAMA

  • DWI WAHYU NURYATI

Abstract

Pada perkembangan era teknologi di Indonesia, berbagai penerbit memperkenalkan diri dan ikut berpartisipasi dalam memajukan kualitas pendidikan melalui penerbitan berbagai macam buku sebagai sumber belajar, salah satunya adalah PT. JePe Press Media Utama. Dalam menyusun sumber belajar tersebut ditemukan beberapa permasalahan yang belum diselesaikan oleh editor.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah yang ada  pada PT. JePe Press Media Utama dengan cara mengembangkan media modul. Media modul merupakan media yang secara sistematis disusun dengan bahasa yang mudah dipahami yang digunakan untuk belajar mandiri untuk dapat mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Materi yang disajikan dalam modul adalah tentang penyusunan suplemen sekolah dasar.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara terstruktur dengan ahli materi dan ahli media, serta angket respon editor yang diberikan untuk uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil.

Berdasarkan hasil review ahli materi dan ahli media, diperoleh hasil validasi gabungan yang termasuk dalam kategori sangat valid dengan presentase sebesar 84, 69%. Hasil kelayakan gabungan uji coba perorangan termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase sebesar 80, 21%. Sedangkan hasil kelayakan gabungan uji coba kelompok kecil termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase sebesar 85, 61%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam media modul suplemen sekolah dasar  untuk editor penulis redaksi PT. JePe Press Media Utama layak digunakan dalam kegiatan belajar.

Kata Kunci: pengembangan, modul suplemen sekolah dasar, editor penulis.

 

Published
2017-07-11
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 34