PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI POKOK INVERTEBRATA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA DI SMA PERSATUAN TULANGAN SIDOARJO
Abstract
Berdasarkan dari hasil studi pendahuluan yakni hasil kegiatan wawancara dan observasi dengan guru mata pelajaran biologi. Peneliti mendapati data bahwa materi pokok Invertebrata mata pelajaran biologi siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh guru hanya menyampaikan dengan metode ceramah dan menggunakan LKS, serta pada materi ini penyampaiannya membutuhkan visualisasi gambar yang bergerak. Hal ini pergaruh pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Kondisi pembelajaran ini berpengaruh pada rendahnya nilai ketuntasan yang diperoleh siswa dibawah rata-rata sebanyak 65% dari total keseuluruhan siswa yang harus mencapai nilai SKM sebesar 75. Tujuan media video pembelajaran ini dibuat sebagau upaya pemecahan masalah belajar dengan melalui analisis kebutuhaan sebelumnya, sehingga melalui medi video diharapkan dalam meningkatkan ketercapaian suatu tujuan pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan Media Video Pembelajaran yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap yaitu validasi ahli materi dan ahli media, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus P yang digunakan untuk mengukur persentase, kemudian untuk instrument tes menggunakan rumus Rpbis dan Uji T-Tes. Hasil uji validasi kelayakan media Video Pembelajaran berdasarkan hasil perhitungan wawancara ahli materi I dan II adalah 95% dan 90%, hasil perhitungan wawancara ahli media I dan II adalah 100% dan 90%. Data hasil uji coba perorangan yang terdiri dari 3 mahasiswa memperoleh skor 90%, data hasil uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 9 siswa memperoleh skor 84,4%, data hasil uji coba kelompok besar yang terdiri dari 20 siswa memperoleh skor 85,7%. Berdasarkan kriteria pada bab III dari uji coba perseorangan, kelompok kecil dan kelompok besar media yang dikembangkan dinyatakan layak. Data perolehan uji t nilai dari pretest dan postest diperoleh bahwa besar thitung = 4,91 > ttabel = 1,70 yang dapat disimpulkan bahwa Peneliti telah berhasil mengembangkan media Video Pembelajaran yang efektif untuk materi Invertebrata mata pelajaran biologi pada siswa kelas X IPA di SMA Persatuan Tulangan Sidoarjo. Kata kunci: Pengembangan Media, Video Pembelajaran, Invertebrata.
Abstract Based on the result of preliminary study that is result of activity of interview and observation with teacher of biology subject. Researcher found that students have difficulty in understanding in biology subject about Invertebrate. It caused by teachers only explain the lesson by lecture method and using LKS, this material also requires that delivery lesson by visualization of moving images. It caused the students cant achieving the learning objectives that have been formulated. This learning condition has an effect on the low value of mastery obtained by the students below the average of 65% of the total students which must reach the SKM score of 75. The purpose of learning video media is made as an effort to solve learning problems through the analysis of previous needs, so that through medi video is expected to increase the achievement of a learning objective and improve student learning outcomes. Development of Instructional Video use the ADDIE development model. Product trial held in several stages: validation of material experts and media experts, small group trials, and large group trials. Methods of data completion using structured interviews, questionnaires, and tests. The technique of data analysis using the formula P is used to measure the percentage, then for the test instrument using the formula of Rpbis and T-Test. Result of instructional video validation based on interview of material experts I and II are 95% and 90%, the result of the interview of media experts I and II is 100% and 90%. Individual test result data consisting of 3 students got 90% score, small group trial result data consist of 9 students got score 84,4%, large group trial result data consist of 20 students got score 85,7% . Based on the criteria in chapter III of the individual trials, small groups and large groups of developed media are eligible. The data obtained ttest value from pretest and postest obtained that thitung = 4.91> ttable = 1.70 which can be concluded that researcher has succeeded in developing an effective instructional video about invertebrate material biology subjects in students of X grade of Science Class Senior High School Persatuan Tulangan Sidoarjo. Key words: Development Media, Instructional Video, Invertebrate
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

