PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM RESPIRASI UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMA SHAFTA SURABAYA

Authors

  • DINI NURJANNAH

Abstract

 CAI adalah media pembelajaran berbasis komputer. Pada penelitian ini pengembangan media CAI dilakukan berdasarkan hasil studi awal di SMA SHAFTA Surabaya dengan melakukan wawancara dengan guru mata pelajaran biologi. Dari hasil wawancara dengan guru biologi diketahui siswa kesulitan memahami proses pernapasan pada manusia. Pada proses pembelajarannya guru menggunakan metode ceramah dengan bantuan Ms. Office Power Point yang berisi tulisan saja dan kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran di kelas. Ketika guru mereview materi siswa masih kesulitan menjelaskan kembali. Hal tersebut dibuktikan dari hasil belajar siswa yang belum mencapai standar ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 75. Berdasarkan hal tersebut pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media CAI pada materi pokok sistem respirasi yang layak dan efektif untuk siswa XI IPA SMA SHAFTA Surabaya.  Model pengembangan yang digunakan yaitu Model DDD-E oleh Ivers & Barron. Kegiatan uji coba media dilakukan dengan beberapa tahap yaitu uji coba kepada ahli materi, ahli media, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Untuk instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes.  Hasil dari uji kelayakan yang dilakukan dengan ahli materi mendapat persentase 100%, uji kelayakan dengan ahli media mendapat persentase 86%, uji coba perorangan 88%, uji kelompok kecil 92%, dan uji kelompok besar 95%. Untuk uji efektifitas media menggunakan desain penelitian Pre-experimental Design jenis One Group Pretest-Posttest, dan hasil dari tes yang dilakukan terbukti hasil rata-rata posttest 84,66 lebih besar dari hasil rata-rata pretest 58,28. Berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifikan 5% db = 29-1 = 28 diperoleh ttabel = 2,048 dan hasil thitung 23,98. Jadi, thitung lebih besar dari ttabel yaitu 23,98 > 2,048. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CAI yang dikembangkan efektif untuk pembelajaran. Kata  kunci  : Pengembangan,  Media,  Computer  Asissted  Instruction,  Biologi, Sistem Respirasi   Abstract  CAI is media computer based learning. On this research the development of CAI is based on the result of preliminary study at senior high school SHAFTA Surabaya by conducted interviews with biology teacher. From the result of interviews with biology teacher known students difficulty understanding the process of breathing in humans. On the learning process the teacher uses the lecture methode with the help of Ms. Office Power Point which contains only text. When the teacher reviews the material, students are difficulty to explaining again. This is evidenced from student learning outcomes that have not reached a predetermined standard of completeness that is 75. Based on that matter, the purpose of this study to develop the CAI media of respiration system that is feasibility and effective for eleven’s sains grade of SMA SHAFTA Surabaya.  The development model used DDD-E Model by Ivers & Barron. Media trial activities were conducted in several steps which are trials to material experts, media experts, individual trials, small group trials, and large group trials. For data collection instruments use interviews, questionnaires, and tests.  The results of the feasibility test conducted with the material expert got 100% percentage, feasibility test with media expert got 86% percentage, individual test result is 86%, small group test result is  92%, and large group test result is 95%. The effectiveness test of media used research design Pre-experimental design type One Group Pretest-Posttest, and the results of the tests showed proven posttest average results 84.66 greater than the pretest average 58.28. Based on  the calculation of significant level 5% db = 29-1 = 28 obtained ttable = 2.048 and tcount 23.98. Thus, the tcount is larger than ttable that is 23,98> 2,048. So it can be concluded that the use of CAI media developed is effective for learning Keywords: Development,  Media,  Computer  Asisted  Instruction,  Biology,  Respiration System.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-27
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 14