PENGEMBANGAN MEDIA MODUL MATERI POKOK CLEAN UP DAN SISIP PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI KELAS XI MULTIMEDIA SMK AL-AMIN SURABAYA

Authors

  • MUNTAMAH

Abstract

Teknik Animasi 2 Dimensi adalah salah satu mata pelajaran wajib paket keahlian Multimedia. Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi disampaikan di kelas XI semester satu dan semester dua. Pada semester dua terdapat materi pokok clean up dan sisip. Berdasarkan hasil wawancara tidak terstruktur yang dilakukan dengan guru yang mengajar materi clean up dan sisip, beberapa indikator tidak dapat dicapai oleh peserta didik tepat pada waktunya, yaitu pada indikator membedakan clean up dan sisip, menjelaskan tujuan clean up dan sisip, serta menjelaskan teknik tracing. Materi clean up dan sisip pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi memiliki karakteristik yang berupa konsep dan prosedural. Penggunaan modul untuk pembelajaran mempunyai beberapa karakteristik, diantaranya: (1) self instruction, (2) self contained, (3) berdiri sendiri (stand alone), (4) adaptif, dan (5) bersahabat/akrab (user friendly).

Tujuan pengembangan media modul adalah: (1) Menghasilkan media modul materi pokok clean up dan sisip mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi kelas XI Multimedia di SMK Al-Amin sesuai kebutuhan. (2) Mengetahui kelayakan media modul materi pokok clean up dan sisip mata pelajaran teknik animasi 2 dimensi bagi peserta didik kelas XI Multimedia di SMK Al-Amin. (3) Mengetahui keefektifan media modul materi pokok clean up dan sisip mata pelajaran teknik animasi 2 Dimensi bagi peserta didik kelas XI Multimedia di SMK Al-Amin.

Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE menurut Branch. Intrumen pengumpulan data yang digunakan untuk ahli materi, ahli media, uji coba perseorangan dan uji coba kelompok kecil adalah wawancara berstruktur. Hasil wawancara berstuktur kepada ahli materi, ahli media, uji coba perseorangan dan uji coba kelompok kecil sebagai acuan untuk memperbaiki produk yang dikembangkan. Dan tes dilakukan kepada peserta didik untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media modul. Analisis data yang digunakan bertujuan untuk mengetahui perbandingan pada hasil belajar peserta didik kelas kontrol dan eksperimen.

Berdasarkan hasil analisis data dari wawancara berstruktuk kepada ahli materi dan ahli media menyimpulkan bahwa sangat valid, sangat efektif, dan dapat digunakan tanpa revisi atau dengan kata lain media modul yang dikembangkan layak untuk digunakan. Hal tersebut terbukti dengan hasil uji coba perseorangan dan uji coba kelompok kecil juga dikategorikan sangat valid, sangat efektif, dan dapat digunakan tanpa revisi atau dengan kata lain media modul yang dikembangkan layak untuk digunakan. Sehingga pada hasil nilai pre test dan post test yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan analisis data uji tes diperoleh t-hitung adalah 8 dan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikansi 5% dan derajat pembagi (df) = 46, maka df = 46 tergolong dalam df = 40. Diperoleh nilai ttabel = 2, 021, dengan demikian media modul dinyatakan efektif.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media modul berhasil dilakukan dengan model ADDIE menurut Branch. Media modul dinyatakan layak dan efektif untuk peserta didik kelas XI Multimedia SMK Al-Amin Surabaya.

Kata kunci: Pengembangan, Modul, Teknik Animasi 2 Dimensi, Layak, Efektif.

 

Abstract

2 dimensional animation techniques is one of subjects required package expertise of multimedia. Based on the structure of subjects 2 dimensional animation techniques delivered in class XI half of the one and the second half. On the second half there material principal clean up and insert. Based on the result of unstructured interviews conducted with teachers are teaching in material clean up and insert, some indikators can not be achieved by the students just on time that is, distinguish clean up and insert, explains the purpose of clean up and insert, and explains the trace technique. Material clean up and insert on subjects 2 dimensional animation techniques, has characteristics in the form of the concept and procedures. Use the module to learning has some characteristics, such as: (1) self instruction, (2) self contained, (3) stand-alone, (4) adaptive, and (5) user friendly.

The purpose of the media development modules are: (1) Produce media module material principal clean up and insert subjects 2 dimensional animation techniques class XI Multimedia in SMK Al-Amin as needed. (2) To know the feasibility of media module material principal clean up and insert subjects 2 dimensional animation techniques for learners class XI Multimedia in SMK Al-Amin. (3) To know the effectiveness of the media module material principal clean up and insert subjects 2 dimensional animation techniques for learners class XI Multimedia in SMK Al-Amin.

Development model used is model ADDIE by Branch. Intruments data collection used to material experts, media expert, trial individual, and trial small group is interview structured. The results of an interview structured from material experts, media expert, trial individual, and trial small group used as a reference to improve the product development. And tests done to learners to know the learning outcomes learners after using media module. Analysis of data that is used to know comparison the results learning learners of class control and class experiments.

 

Based on the results of data analysis from the interviews to the material experts and media experts concluded that it is very valid, very effective, and can be used without revision or in other words media module developed feasible to use. This is evidenced by the results of individual trials and small group trials are also categorized very valid, very effective, and can be used without revision or in other words media modules developed eligible for use. So on the result of pre test and post test done in the control class and experiment class using the test test data analysis obtained t-count is 8 and using t-test distribution table with 5% significance level and divisor degree (df) = 46, Then df = 46 belonging to df = 40. Obtained ttable value = 2, 021, thus media module declared effective.

Conclusion of this research shows that the development of the media module successful with model Addie according to branch. Media module stated decent and effective for learners class XI multimedia SMK Al-Amin Surabaya.

Keywords: Development, Module, 2 Dimensional Animation Techniques, Worth, Effective.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-27

How to Cite

MUNTAMAH, . (2017). PENGEMBANGAN MEDIA MODUL MATERI POKOK CLEAN UP DAN SISIP PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI KELAS XI MULTIMEDIA SMK AL-AMIN SURABAYA. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/20949
Abstract views: 20 , PDF Downloads: 61