PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS PROSEDUR UNTUK KELAS VIII SMP BUDI UTOMO PRAMBON SIDOARJO

Authors

  • An Nisa Nurfirdaus

Abstract

Bahasa Indonesia menjadi salah satu pelajaran wajib yang ada di seluruh jenjang pendidikan. Berdasarkan studi awal dan observasi yang dilakukan peneliti di SMP Budi Utomo Prambon Sidoarjo pada Februari 2016 diperoleh informasi bahwa ada 50% dari 26 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM pada pembelajaran bahasa Indonesia. Sehingga diperlukan proses penyampaian materi secara efektif, menarik dan kreatif  untuk meningkatkan hasil belajar, maka diperlukannya Media Computer Assisted Instruction Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang merupakan media yang efektif dan menarik motivasi siswa.

Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model R&D. Adapun langkah pengembangannya terdiri dari 1) Research and information collecting, 2) Planning, 3) Develop preliminary form of product, 4) Preliminary field testing, 5)  Main product revision, 6) Main field testing, 7) Operasional product revision, 8) Operasional field testing, 9) Final Product revision, 10) Dissemination and implementation. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media CAI tutorial pada ahli materi 1 dan II dapat dikategorikan sangat baik. Ahli media I dan II didapatkan  hasil yang sangat baik. Sedangkan untuk uji coba perorangan mendapatkan 89% yaitu sangat baik, uji coba kelompok kecil 80% yaitu baik, dan uji coba kelompok besar sebesar 91% yaitu sangat baik. Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media menggunakan uji-t  dengan d. b= N-1 = 26-1 = 25 (dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t 0,05 harga t = 2,06 dimana pada pengembangan ini menghasilkan t hitung lebih besar dari pada t tabel 9,95> 2,06, dengan demikian menunjukan bahwa media CAI ini sangat efektif apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya untuk peningkatan pemahaman teks prosedur.

Kata Kunci: Computer Assisted Instruction (CAI), Tutorial, Bahasa Indonesia.

 

Abstract

Indonesian became one of the compulsory lessons in all levels of education. Based on a preliminary study and observations by researchers at SMP Budi Utomo Prambon Sidoarjo in February 2016 obtained information that there are 50% of the 26 students score below the KKM on learning Indonesian. So required the process of delivering the material effectively, interesting and creative to improve learning outcomes, then the required Media Computer Assisted Instruction In the Indonesian Language Lesson which is an effective media and attract student motivation.

The model used in the development of this medium is the R & D model. The development steps consist of 1) Research and information collecting, 2) Planning, 3) Develop preliminary form of product, 4) Preliminary field testing, 5)  Main product revision, 6) Main field testing, 7) Operasional product revision, 8) Operasional field testing, 9) Final Product revision, 10) Dissemination and implementation. Based on the results of data analysis, the results of media feasibility test CAI tutorial on material experts 1 and II can be categorized very well. Media experts I and II got excellent results. While for individual test get 89% that is very good, small group test of 80% that is good, and large group trial equal to 91% that is very good. Furthermore, to know the effectiveness of media using t-test with d. B = N-1 = 26-1 = 25 (consulted with table t value) with value t 0,05 price t = 2.06 where in this development yield t count bigger than at t table 9,95> 2,06 , Thereby indicating that the CAI media is very effective when used in the learning activities of Indonesian especially for improving the understanding of the text of the.

Keywords: Computer Assisted Instruction (CAI), Tutorial, Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-27
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 74