Abstract
Studi pendahuluan yang dilakukan di sekolah SMP Hang Tuah 2 Surabaya akan menghasilkan media Computer Assisted Instruction (CAI) yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditemukan adanya masalah pada mata pelajaran IPA materi alat-alat optik diantaranya belum tersedia media selain buku paket, bahan ajar yang digunakan menggunakan buku, fasilitas Lab.IPA yang beralih fungsi menjadi kelas, guru juga membutuhkan media untuk memvisualisasikan proses pembentukan bayangan pada alat optik. Keterbatasan media dapat menyebabkan pembelajaran kurang maksimal.
Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media menghasilkan media Computer Assisted Instruction (CAI) materi alat-alat optik layak digunakan untuk pembelajaran mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam dan untuk mengetahui seberapa efektif media Computer Assisted Instruction (CAI) yang dikembangkan dalam membantu proses pembelajaran disekolah agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analisize, Design, Development, Implementation, Evaluasi). Media ini diterapkan dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket, tes, serta dilakukan uji coba produk. Uji coba produk digunakan untuk menunjukan persentase rata-rata setiap variable media Computer Assisted Instruction (CAI) tergolong kategori Baik Sekali.
Hasil penelitian diketahui bahwa hasil dari uji ahli materi mendapatkan persentase sebesar 100% bernilai Baik Sekali, uji ahli media mendapatkan persentase sebesar 80% bernilai Baik, dan uji coba perseorangan mendapatkan hasil sebesar 88,4% bernilai Baik Sekali dan uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil
88,5% bernilai Baik Sekali. Dapat disimpulkan bahwa Computer Assisted Instruction (CAI) pada mata pelajaran IPA dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui kefeektifan media Computer Assisted Instruction (CAI) pengembang menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5%, maka didapat d.b = N-1 = 34-1=33. Dalam tabel uji-t didapatkan Dalam tabeluji-t didapatkan ttabel 1,697. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel 5,247>1,697. Sehingga dapat disimpulkan dari data hasil belajar dengan menggunakan media Computer Assisted Instruction (CAI) materi Alat-alat optik mengalami peningkatan sehingga media tersebut bisa dinyatakan efektif dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Computer Assisted Instruction (CAI), Ilmu Pengetahuan Alam, alat-alat optik..
Abstract
Study the introduction that done in junior high school hang tuah 2 surabaya found that there are problems in the subject matter optical science alat-alat are not available media besides textbooks, teaching materials used using books , Lab.ipa facilities shift function into class, teachers also need media to visualize process of forming shadow on an optical instrument. Limited media can cause learning less than maximum.
The purpose of this research to create produce media Computer Assisted Instruction (CAI ) optical equipment matter worthy used to learning subjects of natural science and to know how effective media Computer Assisted Instruction ( CAI) developed in helping the learning process at the school to the purpose of learning can be achieved. The development is using the model ( analisize addie was , design , development , implementation , evaluation ). The media will be data collection method using interviews structured, the survey, tests, and performed trial products. The trial product used to show the percentage rata-rata every variable media Computer Assisted Instruction (CAI ) are good category once.
A research note that the results of the matter get the percentage of 100 % worth good, the media experts get the percentage of 80 % valued good, and a pilot get the result of individual 88,4 % worth good and a pilot small group get 88,5 % worth good. Can be concluded that computer Assisted Instruction (CAI ) on the subjects of science announced eligible for use in learning. While to know effectiveness of media Computer Assisted Instruction (CAI ) using distribution developer table uji-t with standard significant % 5
, then got d.b = n-1 = 34-1 = 33. In table uji-t gathered in tabeluji-t obtained ttabel 1,697. It turns out that thitung greater than ttabel 5,247 > ttabel 1,697. So that it can be inferred from the data learning outcomes by the use of media Computer Assisted Instruction (CAI ) the optical alat-alat class VIII-C Junior Hang tuah 2 Surabaya increased that the media can be stated effective in learning.
Keywords: Development, Computer Assisted Instruction (CAI), Natural science, Optical equipment.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

