PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK ANIMALIA INVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DAWARBLANDONG KABUPATEN MOJOKERTO
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry) tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Namun banyak sekali siswa yang merasa kesulitan dalam memahami mata pelajaran Biologi terutama materi Animalia Invertebrata yang dijelaskan oleh guru pada kelas X di SMA Negeri 1 Dawarblandong. Selain itu, mata pelajaran biologi sendiri pokok bahasannya terlalu panjang atau luas sedangkan sumber belajar yang tersedia di sekolah sangat terbatas seperti halnya buku paket, dimana buku paket biologi untuk siswa kelas X hanya ada 16 buah. Sedangkan dalam satu angkatan terdapat banyak kelas dengan rata-rata jumlah siswa tiap kelas ada 32 siswa. Belum lagi waktu penyelesaian materi animalia invertebrata hanya 8 jam tatap muka di potong 2 jam untuk ulangan harian. Berdasarkan hal tersebut pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media E-Modul pada materi pokok Animalia Invertebrata yang layak dan efektif untuk siswa kelas X Di SMA Negeri 1 Dawarblandong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen wawancara, angket, dan tes. Instrumen wawancara ditujukan kepada ahli materi dan media, angket dan tes ditujukan kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Dawarblandong, yang terdapat 32 siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara ahli materi I dan II, ahli media I dan II, tes untuk mengukur keefektifan media, dan hasil dokumentasi berupa foto. Data kuantitatif hasil untuk mengukur kelayakan media yaitu reviewer ahli materi sebesar 87,5% dan reviewer ahli media sebesar 85,7%. Sedangkan untuk mengukur keefektifan media yaitu dari hasil tes siswa yang dihitung dengan menggunakan rumus uji t yang terbilang thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,20 > 2,042. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media E-Modul ini dikategorikan layak dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Pelajaran Biologi, Animalia Invertebrata
Natural Science (IPA) is concerned with how to inquire about nature in a systematic way, so that science is not only a mastery of a collection of knowledge in the form of facts, concepts or principles, but also a process of discovery. However, there are many students who find difficulties in understanding Biology subject especially Animalia Invertebrate material that explained by teacher in 10 grade in state of Dawarblandong senior high school. In addition, biology subjects themselves are too long or extensive subject matter whereas the resources available in school are too long or extensive subject matter whereas the resources available in school are very limited as are the package books, where the biology package for the 10 grade students is only 16. While in one class there are many classes with the average number of students per class there are 32 students. Not to mention the completion time of invertebrate animalia material is only 8 hours face-to-face in a 2 hour cut for daily replication. Based on this development is aimed to develop EModule media on the subject matter of Animalia Invertebrate that is feasible and effective for 10 grade in state of Dawarblandong senior high school. The type of research used is research development. Data collected using interview instruments, questionnaires, and tests. Interview instruments are addressed to material and media experts, questionnaires and tests addressed to grade X students of SMA Negeri 1 Dawarblandong, of which there are 32 students. The development model used is the ADDIE model. Data collection techniques used are interviews of material experts I and II, media experts I and II, tests to measure the effectiveness of media, and the results of documentation in the form of photographs. Quantitative data of results to measure media feasibility are expert reviewers of materials of 87.5% and expert media reviewers of 85.7%. While to measure the effectiveness of the media that is from the student test results are calculated by using the t test formula is calculated t calculated greater than the ttable is 5.20> 2.042. So it can be concluded that the E-Module media is categorized as feasible and effective. Keywords: Development, E-Module, Biology Lesson, Animalia Invertebrate
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

