PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN PPKn PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SIDOARJO

Authors

  • Pinta Neindysna Purwanto Putri

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan: 1) Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. 2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan hasil belajar pada  mata pelajaran PPKn untuk siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. 3) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PPKn untuk siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian adalah 90 siswa. Dengan kelas VIII D dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Analisis data didapat dari hasil observasi dan hasil tes. Teknik analisis data menggunakan one-way anova, dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji homogenitas (pretest) dan uji normalitas (posttest). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh  >  yaitu 4,230 > 2,27 untuk hasil belajar siswa, sedangkan untuk keaktifan siswa diperoleh  >  yaitu 11,668 > 3,10 dengan taraf signifikansi 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. .Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, time token, hasil belajar, keaktifan siswa, one-way anova   Abstract The research aims are: 1) How the process of applying learning model cooperative type time token on the subjects of ppkn students at SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. 2) will the adoption of learning model cooperative type time the tokens may be improve learning outcomes on the subjects of ppkn for students of class VIII at SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. 3) will the adoption of learning model cooperative type time the tokens may be increase liveliness students on subjects ppkn for students of class VIII at SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. The research methodology used in this research is the method quantitative .The subject of study was 90 students .To the class VIII D and class VIII F as a class experimentation and class VIII G as a class control. Data analysis obtained from the observation and test results .Technique analysis data using one-way anova , undergone a prerequisite first namely test of homogeneity ( pretest ) and the normality ( posttest ). Based on the results of data analysis obtained F_hitung> F_tabel is 4.230> 2.27 for student learning outcomes, while for student activeness obtained F_hitung> F_tabel is 11,668> 3,10. with the economic situation of significance 0.05 so ho were rejected and ha received which would mean there are significant influence.So that it can be concluded that by the application of learning model cooperative type time the tokens may be improve learning outcomes and liveliness students for SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo. Keywords: Cooperative learning, time token, learning outcomes, student activeness, one-way anova. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-01
Abstract views: 21 , PDF Downloads: 32