Authors

  • ERIANA DWI WAHYU N

Abstract

Abstrak  Studi pendahuluan peneliti pada materi Drama Bahasa Indonesia menunjukkan hasil bahwa siswa tidak bisa menyebutkan struktur drama, siswa tidak bisa menjelaskan ciri bahasa drama dan siswa tidak bisa menginterpetasi drama secara tertulis.  Seperti yang dialami pada siswa kelas XI-APK di SMK PGRI 10 Surabaya. Pada observasi awal guru menyebutkan siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran dan daya konsentrasi siswa rendah sehingga membuat siswa kurang memahami materi drama. Hanya terdapat 30% siswa yang mampu mendapatkan nilai diatas KKM. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan media audio yang layak digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok drama dan untuk mengetahui seberapa efektif media audio yang dikembangkan dalam membantu proses pembelajaran di sekolah agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Media ini diterapkan dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes dan dilakukan uji coba. Uji coba produk yang dilakukan menunjukkan persentase rata-rata setiap variabel Media Audio tergolong kategori sangat baik. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil dari uji ahli materi mendapat persentase sebesar 100% dan masuk dalam kategori sangat baik, uji ahli media mendapat persentase sebesar 90% dan masuk dalam kategori sangat baik dan terakir uji coba kelompok perorangan mendapat persentase sebesar 98,6% dan masuk dalam kategori sangat baik serta berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5% didapat hasil t hitung lebih besar daripada t tabel ( 2,965>2,021) sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media audio pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Drama layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : pengembangan, media audio, drama, Bahasa Indonesia. Abstract The preliminaryto the matter drama language indonesia show the result that students cannot state structure drama, students cannot explain features language drama and students could not menginterpetasi drama in writing. As it is experienced to their students class XI-APK in PGRI high school vocational 10 surabaya. Preliminary observations teachers mention students tend to passive learning activities in power and the concentration of students low so as to make students do not understand the material drama .There were only 30 percent of students who able to get value above minimum mastery criteria. The purpose of this research to create media audio being used in learning on the subjects of indonesian language subject matter and to know how effective media audio developed in helping learning at school so that the purpose of learning can be achieved. This development uses the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This media is applied with data collection methods using interviews, questionnaires and tests and conducted trials. Product trials performed show the average percentage of each Audio Media variable is categorized as excellent.   The result of the research is known that the result of the test of material expert gets 100% percentage and is categorized very good, media expert test got percentage equal to 90% and enter in very good category and last trial individual group gets percentage equal to 98,6% In very good category and based on t test with significance level of 5% got result t count bigger than t table (2,965> 2,021), so it can be concluded that the development of audio media on the subjects of Indonesia Language drama material feasible and effective  Keyword: development, audio media, drama, Indonesian Language.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-01
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 24