PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) PADA STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII SMP NEGERI 4 PAMEKASAN

Authors

  • TEGUH ISGUNANTO

Abstract

Adapun tujuannya dari pengembangan ini adalah menghasilkan media CAI (Computer Assisted Instruction)
sesuai dengan kebutuhan pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri
4 Pamekasan.

 

Melalui observasi dari beberapa murid disekolah SMP Negeri 4 Pamekasan selama kegiatan pembelajaran
mata pelajaran IPA materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas, bahwa siswa mengalami kesulitan belajar
untuk memahami materi pelajaran IPA yang disampaikan oleh guru, karena dalam materi yang dijelaskan
membutuhkan suatu media yang dapat mevisualisasikan bentuk-bentuk dan struktur jaringan tumbuhan dengan jelas
sesuai indikator pembelajaran yang sedang dicapai.

 

Metode pengembangan menggunakan metode R&D Borg and Gall. Hasil uji validasi ahli materi I memperoleh
kategori sangat baik, ahli media II memperoleh kategori sangat baik, ahli media I memperoleh kategori sangat baik, ahli
media II memperoleh kategori sangat baik, hasil uji perorangan dikatagorikan sangat baik dengan presentasi nilai
sebanyak 89,66% , hasil uji kelompok kecil dikatagorikan sangat baik dengan presentasi nilai sebanyak 89,11%, hasil
uji kelompok besar dikatagorikan sangat baik dengan presentasi nilai sebanyak 82,73%. Maka dari hasil pengembangan
media CAI (Computer Assisted Instruction) mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan kelas VIII perlu dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang proses
belajar mengajar.

Hasil uji-t menunjukkan bahwa menggunakan media CAI (Computer Assisted Instruction) pada struktur dan
fungsi jaringan tumbuhan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dapat disimpulkan dari tabel taraf signifikan 5%
dimana db=34-1 =33, kemudian diperoleh t-tabel = 0,289. Jadi t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 19,11> 0,303.
Sehingga peneliti dapat menyimpulkan data hasil belajar nilai siswa dengan menggunakan media CAI (Computer
Assisted Instruction) pada struktur dan fungsi jaringan tumbuhan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII
mengalami peningkatan sehingga media CAI (Computer Assisted Instruction) tersebut bisa dinyatakan layak dan efektif
dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Media CAI (Computer Assisted Instruction), Ilmu Pengetahuan Alam, Kelas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-02
Abstract views: 12 , PDF Downloads: 21