Pengaruh Penggunaan Media CAI Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Najis Terhadap Hasil Belajar Bagi Siswa Kelas VII MTs. Negeri Bareng Jombang

Authors

  • ANISYA FITRI

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pemanfaatan media CAI
yang diterapkan dalam proses pembelajaran mata pelajaran fiqih materi najis. Pengaruh dapat diketahui
dari hasil observasi serta hasil tes yang membandingkan posttest kelompok eksperimen dengan kelompok
kontrol. Jika hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah memanfaatkan media CAI, maka media
CAI memiki pengaruh dalam peningkatan hasl belajar siswa. Sasaran pemanfaatan dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII di MTs. Negeri Bareng Jombang yaitu sebanyak 30 siswa kelas eksperimen dan 30
siswa kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, dimana metodenya terdapat perbandingan kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Jika hasil uji coba kelas eksperimen meningkat dari kelas kontrol, maka
pemanfaatan media ini membantu siswa dalam proses pembelajaran. Dalam pemanfaatan media CAI
terdapat beberapa tahap seperti melakukan wawancara untuk mengobservasi kebutuhan, melakukan tes
kemampuan awal (pretest) kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, melakukan observasi
selama proses pembelajaran dengan memanfaatkan media CAI, serta melakukan posttest kepada
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan hasil data pretest dan posttest dihitung
menggunakan rumus uji t.
Berdasarkan hasil uji t untuk mengetahui pengaruh media CAI terhadap hasil belajar, diperoleh
thitung lebih besar dari ttabel yaitu 11,1 > 2, 045. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media
CAI mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : Pemanfaatan, Media CAI, Materi Najis.
Abstract
This research was conducted to find out whether there is influence from utilization of CAI media
applied in learning process of fiqih subject matter unclean. Influence can be known from the observations
and test results comparing the experimental group posttest with the control group posttest. If the learning
outcomes of students have increased after utilizing CAI media, then the CAI media influence influence in
improving student learning outcomes. Target utilization in this research is class VII student in MTs.
Negeri Bareng Jombang that is 30 students of experimental class and 30 students of control class.
This study is a type of experimental research, where the method there is a comparison of experimental
class and control class. If experimental class experimental results increase from the control class, then the
use of this medium helps students in the learning process. In the utilization of CAI media there are several
stages such as conducting interviews to observe needs, conducting pretest tests to experimental groups
and control groups, observing during the learning process using CAI media, and posttesting experimental
and control groups. The collection of pretest and posttest data results is calculated using the t test formula.
Based on the results of t test to determine the effect of CAI media on learning outcomes, obtained
tcount is greater than the ttable is 11.1> 2, 045. From these results, it can be concluded that the CAI
media have a significant effect on student learning outcomes.

Keyword : Utilization, CAI media, Unclean Material

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-02
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 175