PEMANFAATAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA KELAS IX IPA SMA N 1 LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2
SMA Negeri 1 Lamongan melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu:perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2. Sedangkan objek
penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Instrumen berupa
soal tes, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat kali pertemuan dengan menerapkan
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan langkah-langkah meliputi: grouping, planning,
investigation, organizing, presenting, evaluating, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Pada siklus I diperoleh persentase aspek kemampuan memberikan penjelasan yang sederhana adalah
66,24% dengan kualifikasi sedang, persentase aspek memberikan penjelasan lanjut adalah 97,41% dengan
kualifikasi sangat tinggi, aspek keterampilan mengatur strategi dan taktik mencapai 96,26% dengan
kualifikasi sangat tinggi, aspek keterampilan menyimpulkan atau mengevaluasi mencapai 36,50% dengan
kualifikasi sangat rendah. Jadi, kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2 adalah 74,10% dengan
kualifikasi sedang. Kemudian pada siklus II diperoleh persentase aspek kemampuan memberikan
penjelasan yang sederhana adalah 94,83% dengan kualifikasi sangat tinggi, persentase aspek memberikan
penjelasan lanjut adalah 97,13% dengan kualifikasi sangat tinggi, aspek keterampilan mengatur strategi
dan taktik mencapai 96,70% dengan kualifikasi sangat tinggi, aspek keterampilan menyimpulkan atau
mengevaluasi mencapai 72,55% dengan kualifikasi sedang. Sehingga kemampuan berpikir kritis siswa
kelas XI IPA 2 meningkat menjadi sebesar 90,30% dengan kualifikasi sangat tinggi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

