Pengembangan Media Computer Assisted Instruction (CAI) Mata Pelajaran Biologi Materi Virus untuk Siswa Kelas X di SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya

Authors

  • RIA PRATIWI

Abstract

Biologi mengkaji kehidupan dari berbagai sisi, mulai dari sel hingga organisme atau makhluk hidup. Salah
satu organisme yang dikaji dalam Biologi adalah virus. Pembelajaran materi virus bertujuan agar siswa
memahami ciri-ciri virus (struktur dan replikasinya) serta peranan virus di dalam kehidupan. Berdasarkan
hasil observasi, hasil belajar materi virus siswa kelas X di SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya
rata-rata di bawah KKM (75). Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media CAI materi
virus dan untuk mengetahui efektivitas media CAI materi virus dalam meningkatkan hasil belajar siswa
kelas X di SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya. Model dan prosedur pengembangan yang
digunakan yaitu R & D Borg dan Gall. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu review
dengan ahli materi dan ahli media, evaluasi dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba
lapangan dengan kelompok besar, dan untuk mengetahui hasil belajar pengembang melakukan eksperimen
semu. Pengumpulan data menggunakan metode angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus
deskriptif presentase. Sedangkan data eksperimen semu dihitung menggunakan rumus uji t dua sampel
bebas.

Hasil uji validasi dengan dua ahli materi yaitu 90,75% dan uji validasi dengan dua ahli media yaitu 96,6%.
Hasil uji coba perorangan yaitu 97,21%, uji coba kelompok kecil yaitu 90,16%, dan uji coba kelompok
besar yaitu 91,72%. Hasil uji t menghasilkan data 1,67 < 3,53 maka hasil tersebut menunjukkan
peningkatan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pengembangan, Media CAI, Mata Pelajaran Biologi, Materi Virus, Borg dan Gall.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-02
Abstract views: 11 , PDF Downloads: 59