PENGEMBANGAN MODUL PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DRIYOREJO

Authors

  • Devi Eka Fatmawati

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan modul mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi pokok keragaman sosial budaya yang layak, bertujuan (2) untuk mengetahui keefektifan modul dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi pokok keragaman sosial budaya kelas VIII di SMPN 1 Driyorejo. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan beberapa tahap, yaitu: review dengan ahli materi, ahli media, uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terstruktur, angket dan tes. Hasil uji coba kepada dua ahli materi menunjukkan kualifikasi sangat baik dan uji coba kepada dua ahli media menunjukkan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perseorangan menunjukkan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil menunjukkan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok besar menunjukkan kualifikasi baik. Hasil pre-test dan post-test adalah 5,641 > 1,697. Modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan karena skor post-test lebih besar dari skor pre-test dengan perhitungan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,641 > 1,697, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi pokok keragaman sosial budaya layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, modul, ADDIE
Abstract
The purpose of this research are (1) to develop the Social Science subject module on the subject of appropriate socio-cultural diversity, aiming (2) to know the effectiveness of the module in improving the learning outcomes in the subject of Social Sciences of the subject matter of the socio-cultural diversity of class VIII in SMPN 1 Driyorejo. The development model used is ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). In the implementation of the experiment conducted several stages, namely: reviewed by material experts, media experts, individual trials, small group trials and large group trials. Data collection techniques used were structured interviews, questionnaires and tests. Test results to two material experts excellent qualification and trials on two media experts excellent qualification. Individual test results excellent show qualification, small group trials excellent more qualification, and large group trials good qualifications. The result of pre-test and post-test is 5,641> 1,697. Module can improve student learning results significantly because post-test score is bigger than pre-test score with tcount is bigger than ttable that is 5,641> 1,697, so it can be concluded that module development in Social Science subject matter of socio-cultural diversity and effective use in learning.
Keywords: development, module, ADDIE

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-08-14
Abstract views: 63 , PDF Downloads: 102