PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN PRODUKTIF III MATERI DASAR PEMBUATAN ANIMASI 2 DIMENSI DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK SUNAN AMPEL MENGANTI, GRESIK

  • ATIKA APRILIANA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) mengembangkan media modul pembelajaran sesuai kebutuhan (2) menguji kelayakan dari media yang dikembangkan (3) menguji keefektivitasan media yang dikembangkan.

 

Model dan prosedur pengembangan yang digunakan yaitu model R&D Borg and Gall (1983:775) yang digunakan untuk meghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dan tes. Kemudian dilakukan analisis data teknik perhitungan angket dengan rumus presentase (rumus P). Dilakukan uji validitas dengan rumus korelasi point biserial, dan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown. Sedangkan data uji efektivitas menggunakan desain one group pre-test post-test dihitung menggunakan rumus uji t untuk nilai pre-test dan post-test.

 

Berdasarkan hasil reviewer dari dua ahli materi didapat presentase aspek (1) 100% sangat baik dan aspek (2) 50% (kurang). Sedangkan untuk dua ahli media diperoleh hasil aspek (1) 100% sangat baik dan aspek (2) 50% (kurang). Kemudian pada hasil uji coba perorangan diperoleh hasil dengan presentase aspek (1) 100% (sangat baik) dan aspek (2) 66% (baik), uji coba kelompok kecil diperoleh hasil dengan presentase aspek (1) 100% (sangat baik), aspek (2) 83% (sangat baik) dan aspek (3) 66% (baik), uji coba kelompok besar diperoleh hasil dengan presentase aspek (1) 100% (sangat baik) dan aspek (2) 84% (sangat baik). Efektifitas modul pembelajaran yang dikembangkan dihitung dengan menggunakan uji t dengan pre-test dan post-test. Dari hasil tes yang telah dilakukan terbukti rata-rata post test 75,67 lebih besar dari rata-rata pre test yaitu 58,33. Hasil perhitungan uji t diperoleh data 6,61 > 2,145 sehingga thitung > ttabel . Berdasarkan hasil pengembangan dan uji kelayakan serta uji efektivitas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul dapat memberikan perubahan signifikan dalam kegiatan belajar-mengajar siswa di kelas sehingga modul yang dikembangkan memang dibutuhkan oleh siswa dan guru sehingga dapat memecahkan masalah belajar pada siswa kelas XI Multimedia SMK Sunan Ampel, Menganti, Gresik.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Media Modul, Dasar Pembuatan Animasi 2 Dimensi Dengan Macromedia Flash.

Published
2017-08-23
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 52