PENGEMBANGAN MODUL CETAK PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF MULTIMEDIA MATERI GAMBAR PERSPEKTIF PADA KELAS X MULTIMEDIA DI SMKS MUHAMMADIYAH 3 DOLOPO
Abstract
Penelitian pada siswa kelas X Multimedia SMKS Muhammadiyah 3 Dolopo dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar dalam penguasaan konsep materi pada mata pelajaran Produktif Multimedia materi gambar perspektif. Selain itu dalam proses pembelajaran di kelas bahan/sumberbelajar yang tersedia masih kurang. Sedangkan materi gambar perspektif membutuhkan pemahaman visual karena merupakan materi dasar dalam pembuatan karya grafis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul cetak layak dan (2) mengetahui modul cetak yang dikembangkan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan beberapa instrument yaitu wawancara, angket dan tes. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif yang diperoleh dari wawancara ahli materi dan ahli media, serta data kuantitatif diperoleh dari angket dan tes siswa kelas X Multimedia SMKS Muhammadiyah 3 Dolopo. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil persentase ahli materi 94% (sangat baik) dan ahli media 95% (sangat baik). Hasil persentase angket ujicoba perorangan didapatkan 86,67% (sangat baik), ujicoba kelompok kecil 90% (sangat baik)., dan ujicoba lapangan 90,9% (sangat baik). Dengan hasil tersebut, media modul cetak ini layak digunakan. Selain itu dengan hasil perhitungan perbandingan antara pretest dan posttest adalah thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,747 > 1,714. Hal ini menunjukkan bahwa modul cetak mata pelajaran produktif multimedia materi gambar perspektif efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Pengembangan, Media Modul Cetak, Gambar Perspektif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

