PENGEMBANGAN MEDIA CAI SIMULASI PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF TKJ KOMPETENSI DASAR INSTALASI SISTEM OPERASI UNTUK SISWA KELAS X TKJ SMKN 1 KALITENGAH

  • ZOSI PRASTIAWAN

Abstract

Pengembangan media CAI Simulasi pada kompetensi dasar instalasi sistem operasi pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Kalitengah untuk mengatasi masalah belajar siswa sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar. Pengembangan media CAI Simulasi ini mengunakan model R&D, di dalam model pengembangan tersebut  terdapat tahapan operasional dalam mengembangkan media. Pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran yang layak, efektif dan untuk memfasilitasi belajar siswa. Tahapan pelaksanaan yakni review dengan para ahli materi, media dan pembelajaran, kemudian di uji cobakan kepada siswa dalam bentuk perorangan, dan kelompok kecil. Pengumpulan data menggunakan metode angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik perhitungan PSA (Prosentase Setiap Aspek) dan PSP (Prosentase Setiap Program). Sedangkan data eksperimen di hitung menggunakan rumus pre-test dan post-test. Hasil review kepada ahli materi dengan skor 98,8% dan review pada ahli media dengan skor 73,6%. Kemudian pada hasil uji coba perorangan yaitu 87,5% lalu pada kelompok kecil yaitu 96,2%. Hasil data diperoleh menunjukan media layak dipergunakan. Hasil tes diperoleh data 4,64 > 1.69 dapat disimpulkan t0 lebih besar dari t0.05. Dari hasil tersebut maka dapat diintreprestasikan bahwa media CAI Simulasi pada mata pelajaran produktif TKJ kompetensi dasar instalasi sistem operasi efektif dipergunakan pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Kalitengah. Media CAI dapat dikatakan layak dan efektif karena berdasarkan kategori yang ditunjukan pada uji coba yang dilakukan. Media CAI yang dikembangkan perlunya instruksi dalam penggunaannya untuk memudahkan siswa menggunakannya. Melihat karakteristik media CAI dikembangkan media CAI hanya dapat dipergunakan dalam kegiatan belajar kelas X TKJ kompetensi dasar melakukan instalasi sistem operasi.

Kata Kunci : Pengembangan, Media CAI (Computer Asisted Instruction), simulasi, CAI Simulasi, teknik jaringan komputer, instalasi sistem operasi.

Published
2017-08-23
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 65