PENGARUH PEMANFAATAN EDMODO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK DI GRESIK

  • HAZMI WAHYU PRABOWO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Edmodo sebagai media pembelajaran E-Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI). Jenis Penelitian ini Eksperimen menggunakan desain Non-Equivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitian ada 2 yaitu pemanfaatan Edmodo sebagai media pembelajaran E-Learning dan hasil belajar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu observasi, penilaian unjuk kerja dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan Edmodo sebagai media pembelajaran E-Learning pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Edmodo, E-Learning, Microblogging, LMS, KKP


Abstract

The purpose of this research is to know the use of Edmodo influence as an E-Learning instructional media on the subjects of computer skills and information management to improve the study results. This type of research is an experiment with Non-Equivalent Control Group Design. There are 2 variables of this research, these are the use of Edmodo as an E-Learning instructional media and learning results. The methods of collecting data in this study there are three, those are observations, perfomance assessment and tests. Data analysis technique in this research use t test. The conclusion of this research shows that the utilization of Edmodo as an E-Learning instructional media on the subjects of computer skills and information management can improve student learning results.

Keywords: Edmodo, E-Learning, Microblogging, LMS, KKPI

Published
2017-08-30
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 40