PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL MATERI POKOK PEMBERIAN EFEK PADA GAMBAR BITMAP MATA PELAJARAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL KELAS XI SMK DR SOETOMO SURABAYA

  • YENY FITRIYAH

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan serta untuk mengetahui kelayakan dan keefektivan media E-Modul materi pokok pemberian efek pada gambar bitmap mata pelajaran pengolahan citra digital kelas XI SMK Dr soetomo Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D (Research & Development) oleh Borg & Gall. subyek dan lokasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Dr Soetomo Surabaya sebanyak 47 peserta didik, untuk uji coba produk dilaksanakan di kelas XI yakni 3 peserta didik untuk uji coba perorangan, 10 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil serta untuk uji coba kelompok besar dengan seluruh peserta didik pada kelas XI Multimedia 2 yakni 47 peserta didik. Desain penelitian menggunakan one group pre test post test desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi dan tes untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media E-Modul.

Berdasarkan hasil analisis data dari hasil wawancara ahli materi dan ahli media, dapat diperoleh data sebagai berikut: (a) hasil persentase Ahli materi 1: 100% (baik sekali), (b) hasil persentase Ahli materi 2: 100% (baik sekali), (c) hasil persentase Ahli media 1: 92,3% (baik sekali), (d) hasil persentase Ahli media 2: 92,3% (baik sekali). Melalui hasil uji coba yang diperoleh dari angket peserta didik diperoleh data sebagai berikut: (a) hasil uji coba perorangan: 100% (baik sekali), (b) hasil uji coba kelompok kecil: 96,15% (baik sekali), serta (c) hasil uji coba kelompok besar: 97,21% (baik sekali). Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media E-Modul ini dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. Berdasarkan hasil perhitungan dengan taraf signifikan 5%, db=47, sehingga diperoleh ttabel yaitu 1,67793. Dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 10,995 > 1,67793. Hasil perhitungan perbandingan hasil beda pre test dan post test memberi kesimpulan bahwa media E-Modul efektif.

Kata kunci: pengembangan, media e-modul, efek bitmap

Abstract

The aim of this study is to develop E-Module media, and to know the feasibility and effectiveess material giving effect on bitmap image learning data program processing of digital image class XI SMK Dr Soetomo Surabaya that can be used by teacher and students of SMK Dr Soetomo Surabaya. This reaserch methode uses the R & D (Research and Development) development model by Borg & Gall. The subject and location of this study is 47 students of class XI Multimedia SMK Dr Soetomo Surabaya, for product trial concucted in class XI ie 3 students for individual trial, 10 students for small group trials, for large group trials with all students in class XI Multimedia 2 that is 47 students. Research desain use one group pre test post test desain. Data collection techniques use interview, questionnaires, observation and test to etermine the feasibility and effectivess of E-Module media

Based of the result of data analysis known from interview result of material expert and media expert, the data can be obtained as follows: (a) the result of percentage of material expert 1: 100% (excellent). (b) the percentage of material expert 2: 100%, (c) presentage result of media expert 1: 92,3% (excellent), (d) presentage of media expert 2: 92,3 (excellent). By the result were obtained from thequestionnare the students the following data: (a) individual test result: 100 % (excellent), (b) small group trial results: 96,15% (excellent), and (c) large group trial results: 97,21% (excellent). By the result, it can be concluded that the E-Module media is categorized very well and feasible to use. Based on the calculation with significance level 5%, db= 47, so obtained ttable that is 1,67793 and tcount is bigger than ttable that is 10,995 > 167793. The results of the comparison of different results of pre test and post test conclude that the E-Module media is effective.

Keywords: development, e-module media, bitmap effect



Published
2017-09-05
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 37