PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED-INSTRUCTION) MATERI PENGOPERASIAN SOFTWARE APLIKASI BASIS DATA MATA PELAJARAN KKPI UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK TARUNA JAYA GRESIK

  • PIPIT FITRIANI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media CAI model tutorial yang merupakan media pembelajaran untuk memecahkan masalah belajar siswa kelas XI jurusan Akuntansi di SMK Taruna Jaya Gresik. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE menurut Branch. Adapun langkah pengembangan ADDIE meliputi (1) Analysis, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluation. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media CAI pada ahli materi I dan II, ahli media I dan II, uji coba perorangan serta uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sangat valid, sangat efektif, dan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan t-test, diperoleh hasil t-hitung sebesar 26,95 dan t-tabel 2,045, karena hasil t-hitung lebih besar dibanding t-tabel, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test siswa kelas XI Akuntansi di SMK Taruna Jaya Gresik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media CAI menggunakan model ADDIE berhasil dilakukan dengan baik. Media CAI layak dan efektif untuk siswa kelas XI Akuntansi di SMK Taruna Jaya Gresik.

Kata kunci : Pengembangan, CAI, KKPI, ADDIE.


Abstract

The purpose of this research is to develop a CAI media tutorial model is instructional media to solve student learning problems of XI Accounting at SMK Taruna Jaya Gresik. The development model used is ADDIE development model by Branch. Steps of ADDIE development model are (1) Analysis, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, and (5) Evaluation. Based on the results of data analysis, the results of CAI media feasibility test on material experts I and II, media experts I and II, individual trials and small groups trials are very valid, very effective, and can be used without revision. Based on data analysis using t-test, the result t-count is 26,95, and t-table is 2,045, because the result of t-count is bigger than t-table, then there is a significant difference between pre-test dan post-test results of XI accounting at SMK Taruna Jaya Gresik. The conclusion of this research that the development of CAI media using the ADDIE model successfully done well. The CAI media are feasibility and effective for students of XI Accounting at SMK Taruna Jaya Gresik.

Keywords : Development, CAI, KKPI, ADDIE.

Published
2017-10-06
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 29