PENGEMBANGAN MEDIA MODUL MATA PELAJARAN PRODUKTIF AKUNTANSI MATERI MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG PADA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK SUNAN GIRI MENGANTI GRESIK

  • ZULFA IKA AGUSTINA

Abstract

Abstrak

Tujuan pengembangan yang diharapkan dapat menghasilkan media modul. Media modul ini dapat digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran di SMK Sunan Giri Menganti Gresik. Pengembangan media modul ini telah diuji kelayakan dan keefektifan, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang menyusun laporan keuangan perusahaan dagang. Dalam penelitian ini, pengembangan media modul ini menggunakan model pengembangan R & D (Research & Development) oleh Borg & Gall. Subyek dan lokasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Sunan Giri Menganti Gresik yang terdiri dari 24 siswa, untuk uji coba produk dilakukan di kelas X jurusan Akuntansi dengan subyek terbatas sebanyak 15 siswa, 20 siswa untuk uji validasi soal, uji coba kelompok besar dilakukan kepada seluruh peserta didik pada kelas X jurusan Akuntansi yaitu 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan tes untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media modul.

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti dengan wawancara ahli materi dan ahli media, diperoleh data sebagai berikut: (a) hasil presentase Ahli materi 1: 100% (sangat baik), (b) hasil presentase Ahli materi 2: 95% (sangat baik), (c) hasil presentase Ahli media 1: 100% (sangat baik), (d) hasil presentase Ahli media 2: 95,45% (sangat baik). Hasil uji coba yang dilakukan dari angket siswa diperoleh data hasil uji coba terbatas : 90% (sangat baik) dan hasil uji coba kelompok besar: 93,13% (sangat baik). Dari analisis data yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media modul dikategorikan sangat baik dan layak. Berdasarkan hasil perhitungan pretest dan posttes dengan taraf signifikan 5%, db=N-1(24-1)= 23, sehingga diperoleh ttabel 2,064 dan thitung 16,354. Sehingga thitung lebih besar dari ttabel yaitu 16,354 > 2,064. Dengan hasil perhitungan perbandingan hasil pre test dan post test dapat disimpulkan bahwa media modul efektif.

Kata Kunci: Pengembangan Media Modul, Model R&D, Laporan Keuangan

Abstract

The aims of development expected are able to produce modules media. This module media can be used by teachers and students in learning process at SMAN Sunan Giri Menganti Gresik. The development of these modules media have been tested by focusing at the feasibility and effectiveness, so as it can be used to improve the student’s learning outcomes about reporting financial trading companies. In this research, modules media development used R & D development model (Research & Development) by Borg & Gall. The subjects and location in this study were tenth grade students of SMK Sunan Giri Menganti Gresik which consisted of 24 students, 15 students (as limited subjects) for product trial which conducted in tenth grade students of accounting major, 20 students for question validity test, and large group trials conducted to all 24 students in in tenth grade students of accounting major. Data collection techniques of this study were interview, questionnaires, and tests which used to determine the feasibility and effectiveness of modules media.

Based on the results of data analysis conducted by the researcher with material expert and media expert interview, obtained the data as follows: (a) the percentage results of material expert 1: 100% (very good), (b) the percentage results of material expert 2: 95% (very good), (c) the percentage results of media expert 1: 100% (very good), (d) the percentage of media expert 2: 95,45% (very good). The results of questionnaires obtained the limited trial data results: 90% (very good) and large group trial results: 93.13% (very good). From the data analysis obtained, it could be concluded that the module media was categorized into very good and feasible. Based on the result of pre-test and post-test calculation with 5% significant level, db = N-1 (24-1) = 23, so obtained ttable 2.064 and tcount 16,354. So that tcount was bigger than ttable that was 16,354> 2,064. By considering comparison calculation results of pre-test and post-test could be concluded that module media was effective.

Keywords: Modules Media Development, R&D Media, Financial Reporting

Published
2017-11-10
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 46