PENGEMBANGAN MEDIA SIMULASI DIGITAL BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PEMUAIAN UNTUK SISWA KELAS VII I SMP NEGERI 23 SURABAYA

  • MOCHAMMAD ARSYAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media simulasi digital berbasis komputer bagi siswa kelas VII SMP Negeri 23 Surabaya sebagai media dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPA materi pemuaian. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Diperlukan pengembangan media simulasi digital berbasis komputer pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pemuaian, (2) Diperlukan uji kelayakan pada media simulasi digital berbasis komputer, (3) Diperlukan uji efektifitas pada media simulasi digital berbasis komputer. Spesifikasi produk yang dihasilkan dari penelitian yaitu media simulasi digital berbasis komputer, buku penyerta dan RPP yang siap digunakan dalam proses pembelajaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Robert Maribe Branch yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal adalah media simulasi digital berbasis komputer bagi siswa kelas VII SMP Negeri 23 Surabaya yang berisi materi pemuaian zat pada mata pelajaran IPA. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu 2 ahli materi dan 2 ahli media, serta subjek uji coba yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 23 Surabaya yaitu, 3 siswa untuk uji perseorangan, 9 siswa untuk uji kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Angket ini digunakan untuk menilai media yang dikembangkan dari segi kelayakan dengan melakukan perhitungan pada setiap aspeknya. Tes digunakan untuk menilai media yang dikembangkan dari segi efektifitas dalam pembelajaran dengan cara melakukan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji perseorangan media simulasi digital berbasis komputer termasuk dalam kategori sangat baik dimana mendapatkan nilai lebih dari 93 pada setiap aspeknya. Pada uji coba kelompok kecil hasil yang positif kembali didapatkan dengan nilai lebih dari 89 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Adapun pada uji coba lapangan media simulasi digital berbasis komputer untuk siswa kelas VII SMP Negeri 23 Surabaya termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan dengan hasil perhitungan setiap aspek diatas 80 dan hasil perhitungan seluruh program yaitu 89. Dari hasil perhitungan menggunakan rata – rata dan rumus uji t pada pre-test dan post-test yang kemudian dijadikan bahan perbandingan, didapatkan hasil bahwa media yang dikembangkan mendapat nilai rata-rata post test adalah (84,63) lebih besar daripada nilai rata-rata pre test adalah (55,73). Dan dalam pengujian signifikansi diperoleh t hitung (5,33) lebih besar daripada t table (2,54). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media simulasi digital untuk siswa SMP Negeri 23 Surabaya kelas VII efektif. Kata Kunci: Media, CAI, Simulasi, Simulasi Digital Berbasis Komputer, IPA, Pemuaian
Published
2017-11-14
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 56