PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN PRODUKTIF MULTIMEDIA MERAKIT PERSONAL KOMPUTER MATERI ISNTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS GUI KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

  • ROSALIA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian adalah (1) mengembangkan modul mata pelajaran produktif multimedia merakit personal komputer materi instalasi sistem operasi berbasis GUI yang layak, memiliki tujuan (2) untuk mengetahui keefektifan modul dalam meningkat hasil belajar pada mata pelajaran produktif multimedia merakit personal komputer materi instalasi sistem operasi berbasis GUI kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Dengan menggunakan model pengembangan R&D Borg and Gall. Uji coba dilakukan dengan melaksanakan beberapa tahap yaitu dengan melibatkan : review ahli materi, review ahli media, uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Pada teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terstruktur, angket dan tes. Hasil uji coba terhadap dua ahli materi dan dua ahli media menujukkan kualifikasi sangat baik. Pada hasil uji coba perseorangan menunjukkan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil menunjukkan kualifikasi sangat baik dan uji coba kelompok besar menunjukkan kualifikasi sangat baik. Berikut merupakan hasil pre-test dan post-tes adalah 12,98>2,021. Modul dapat meningkatkan hasil belajar dilihat dari hasil post-tes lebih besar dari pre-tes dalam perhitungan thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian dapat disumpulkan bahwa pengembangan modul pada mata pelajaran produktif multimedia merakit personal komputer materi instalasi sistem operasi berbasis GUI layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar yang digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan, Modul, R&D, Sistem Operasi Komputer

Abstract

The objectives of the research are (1) to develop productive multimedia module that is feasible (2) to know effectiveness of module in increasing learning result on multimedia productive subjects assembling personal computer operating system installation material based on GUI class X in SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. The development model is R & D by Borg and Gall. Trials are conducted by performing several stages by involving: material experts, media experts, individual trial, small group trial, and large group trial. In data collection techniques used are structured interviews, questionnaires and tests. Test results of two material experts and two media experts showed excellent qualifications. In individual test results showing excellent qualification, small group trial showed excellent qualification and large group trial showed excellent qualification. The result of pre-test and post-test is 12,98> 2,021. Modules can improve learning result seen from post-test greater than pre-test in calculation tcount greater than ttable. It can thus be that module development on multimedia productive subjects assembles personal computers of GUI-based operating system installation material is feasible to use and effective in improving learning outcomes used in learning.

Keywords: Development, Module, R & D, Computer Operating System




Published
2017-11-14
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 184