PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA PELAJARAN IPA MATERI PEMUAIAN UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

  • RANI WIDIA KUSUMA

Abstract

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media mobile learning bebasis android yang layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada pelajaran IPA materi pokok pemuaian untuk siswa kelas VII di SMPN 1 Gondang Tulungagung.

Model yang digunakan dalam mengembangkan media ini adalah model Reseach and Development, sedangkan pengumpulan data menggunakan instrument wawancara dan angket. Selanjutnya, untuk mengetahui hasil uji kelayakan media mobile learning berbasis Android hasil pengembangan pada uji coba ahli materi I dan II mendapatkan prosentase sebesar 93,35% termasuk dalam kategori sangat baik. Ahli media I dan II mendapat prosentase sebesar 93 % termasuk dalam kategori sangat baik. Uji coba perseorangan 90,67% termasuk kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan prosentase sebesar 90,7% termasuk kategori sangat baik, dan uji coba kelompok besar dengan prosentase 94,32% termasuk kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media mobile learning berbasis Android dalam mata pelajaran IPA dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan tindakan untuk mengetahui keefektifan media mobile learning berbasis Android pengembang menggunakan uji-t dengan d.b = N-1 = 40-1 = 39, dengan taraf kesalahan 5% (0,05), maka nilai t0,05 harga = 16,79 >= 2,68. T hitung lebih besar daripada t tabel (16,79>2,68). Dari hasil tersebut terbukti bahwa pengembangan media mobile learning berbasis Android mata pelajaran IPA tentang pemuaian pada Siswa kelas VII di SMPN 1 Gondang Tulungagung efektif.

Kata Kunci : Pengembangan, Android, Smartphone, IPA, Pemuaian

Abstract

This research and development aims to produce a viable and effective mobile learning media based on android to be used as a medium of learning in science lesson of subject matter of expansion for grade VII students at SMPN 1 Gondang Tulungagung.

The development this media is using reseach and development method, and the data collection is using a interview and questionnaire. To find out the results of media feasibility test based on Android-based mobile learning development experiments material I and II get a percentage of 93.35% included in the category very well. Media experts I and II get a percentage of 93% included in the category very well. 90.67% individual testing including very good category, small group trial with percentage of 90,7% including very good category, and large group trial with percentage 94,32% including very good category. It can be concluded that the mobile learning media based on Android in science subjects declared eligible to be used in the learning process. While the action to know the effectiveness of mobile learning media based on Android developers use the t-test with db = N-1 = 40-1 = 39, with error level 5% (0.05), then the value t0.05 skore t_count = 16.79> T_table = 2.68. T count is greater than t table (16.79> 2.68). From these results proved that the development of mobile learning media based on the science of science subjects on the expansion of VII grade students in SMPN 1 Gondang Tulungagung to be concluded effective.

Keywords: Development, Android, Smartphone, Science, Expansion

Published
2017-11-16
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 96