PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI POKOK CERITA ULANG BIOGRAFI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI APK 2 DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • DIAN RETNO SAPUTRI

Abstract

Abstrak

Tujuan pengembangan video pembelajaran adalah untuk: (1) menghasilkan dan mengetahui kelayakan media video pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas XI APk 2 SMKN 10 Surabaya. (2) megetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil prestasi siswa kelas XI APk 2 di SMKN 10 Surabaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) menurut Sugiyono. Teknik pengumpulan data dari ahli materi dan ahli media menggunakan teknik angket, sedangkan untuk siswa menggunakan angket dan tes. Hasil wawancara kepada ahli materi dan ahli media sebagai acuan untuk merevisi produk yang dikembangkan, sedangkan hasil tes untuk mengetahui hasil prestasi siswa setelah menggunakan media video pembelajaran. Analisis data yang digunakan bertujuan untuk mengetahui hasil perbandingan pada hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Berdasarkan hasil analisa data dari angket dengan ahli materi dan media menyimpulkan bahwa media baik sekali. Dan dibuktikan juga dengan hasil uji coba angket kelompok kecil dikategorikan baik sekali dengan perolehan presentase 98%, dan hasil uji coba kelompok besar dikategorikan baik sekali dengan perolehan presentase 96,6%. Sehingga pada hasil nilai dari pre-test dan post-test yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan analisis data uji tes diperoleh adalah 8,195 dan dengan menggunakan tabel distribusi uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 2,66, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan media video pembelajaran berhasil dilakukan dengan menggunakan model pengembangan R&D menurut Sugiyono. Media video pembelajaran dinyatakan layak dan mampu meningkatkan hasil prestasi siswa kelas XI APk 2 di SMK Negeri 10 Surabaya.

Kata kunci: Pengembangan media video pembelajaran, hasil prestasi

Abstract

This Research aims to: 1) producing and knowing the properness of video learning in Indonesian Language lesson for 11th graders Apk 2 in State Vocational High School 10 Surabaya, 2) knowing the effect of using video media towards students’s achievement of 11th grade in State Vocational High School 10 Surabaya in Indonesian Language lesson.

The development model which used in this study is Research and Develoment (R&D) model by Sugiyono. Expert’s Data collection technique both material and media using questionnaire, meanwhile for the students using questionnaire and test. The result of expert’s questionnaire is used as the reference in revising the developed product meanwhile the result of the test is measuring student’s achievement after using video learning media. Data analysis technique which is been used was aimed to know the result of comparing students’s learning result in control class and experiment class.

According to result’s analysis of the questionnaire from the experts conclude that the media was suitable in supporting the learning process. And this statement was proved with the result of questionnaire in small scale which is categorized nicely with percentage of 98% while the bigger scale reaching the percentage of 96,6%. So that score on Pre-test and Post- test which is done in control class aand experiment class using data analysis test gained Thitung is 8, 195 and using distribution table T-Test with significant scale of 5% and gained Ttube = 2, 66 and with this result can be stated that Ho was accepted and Ha was denied.

This research conclude that video media learning development process was done succesfully with developer model of R & D according to Sugiyono. Video media learning can be stated as a proper method and can increase the result of student’s
Published
2017-11-23
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 1199