PENGEMBANGAN MEDIA MODUL CETAK PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER MATERI TATA LETAK KOMPONEN KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS X DI SMK PGRI 10 SURABAYA

  • HYAHNING KUSUMA WARDANI

Abstract

Abstrak

Mata Pelajaran perakitan komputer merupakan bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Mata pelajaran perakitan komputer merupakan suatu mata pelajaran yang mempelajari seputar dunia teknologi khususnya pada komputer. Maka dari itu mata pelajaran perakitan komputer menjadi salah satu pelajaran wajib dijenjang sekolah kejurusan khususnya di jurusan multimedia. Namun pada skripsi ini akan membahas mengenai materi tata letak komponen komputer yang merupakan salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran perakitan komputer. Sesuai dengan studi awal dan observasi yang dilakukan peneliti di SMK PGRI 10 Surabaya pada tanggal 11 September 2107 makadiperoleh informasi bahwa ada 60% dari 30 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM pada pelajaran perakitan komputer. Hal ini dikarenakan materi tata letak komponen komputer merupakan materi yang sangat banyak mengandung konsep-konsep yang tidak bisa hanya digambarkan dengan gambaran abstrak saja serta strategi pembelajaran serta media yang digunakan masih belum cukup untuk memfasilitasi pemerolehan pemahaman bagi peserta didik. Sehingga diperlukan Pengembangan Media Modul. Pada Mata Pelajararan perakitankomputer yang layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model R&D. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul pada ahli materi 1 dan II memperoleh presentase nilai sebanyak 82.69% maka dapat dikategorikan sangat baik. Ahli media I dan II memperoleh presentase nilai sebanyak 80.07% maka dapat dikategorikan baik. Sedangkan untuk uji coba perorangan memperoleh presentase nilaisebanyak 90% maka dapat dikategorikan sangat baik,sedangkan untuk uji coba kelompok kecil memperoleh presentase nilai, dan uji coba kelompok besar memperoleh presentase nilaisebanyak 88.21% maka dapat dikategorikan sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media Modul Pada Mata Pelajaran komputer ini dikatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran. Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media menggunkan uji-t dengan d. b= N-1 = 37-1 = 26 (dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t 0,05 harga t = dimana pada pengembangan ini menghasilkan t hitung lebih besar dari pada t tabel 9.57> 2,68, dengan demikian menunjukan bahwa media Modul ini sangat efektif apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran padamatapelajaranperakitan computer padamateritataletakkomponenkomputer.

Kata kunci : Pengembangan, Media, ModulCetak, Tata Letak komponen Pada Komputer, Komputer.

Abstract

Computer Assembly Lessons are part of science and technology (Science and Technology). Computer assembly subjects is a subject that studies around the world of technology, especially on computers. Therefore, computer assembly subjects become one of compulsory lessons at the vocational school level especially in multimedia majors. But in this thesis will discuss about the material layout of computer components which is one of the material contained in the assembly of computer subjects. In accordance with the initial study and observations made by researchers at SMK PGRI 10 Surabaya on September 11, 2107 it is obtained information that there are 60% of 30 students get value below KKM in computer assembly lessons. This is because the material layout of computer components is a material that contains many concepts that can not only be described with abstract images only and learning strategies and media used are still not enough to facilitate the acquisition of understanding for learners. So it is necessary to develop the Media Module On the Learning Object of computer assembly that is feasible to be used in the learning process in the classroom.

The development model used in the development of this medium is the R & D model. While the data collection method used is the instrument of interview and questionnaire. Based on the results of data analysis, the feasibility test of media module on the material experts 1 and II get the percentage of the value of 82.69% then it can be categorized very well. Media experts I and II get the percentage of value as much as 80.07% then it can be categorized well. While for individual trials, the percentage of the score of 90% can be categorized very well, whereas for small group trial it gets the percentage of value, and large group trial get the percentage of value as much as 88.21% it can be categorized very well. So it can be concluded that the media Module On the Subject of this computer is said to be suitable for use in the learning process. Furthermore, to know the effectiveness of media using t-test with d. b = N-1 = 37-1 = 26 (consulted with table t value) with value t 0,05 price t = where in this development yield t count bigger than t table 9.57> 2,68, thus show that media This module is very effective when used in learning activities on the assembly of computer subjects on the layout of computer components.

Keyword : Development, Module, Computer Assembly Materials, Computer Component

Published
2018-01-04
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 44